Timnas Indonesia vs Malaysia Bisa Terjadi di Fase Grup Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Tapi, harus ada syarat yang dipenuhi terlebih dulu.."

Analisis | 07 July 2023, 08:56
Timnas Indonesia vs Malaysia Bisa Terjadi di Fase Grup Kualifikasi Piala Dunia 2026

Libero.id - Lama tak berjumpa di level senior, timnas Indonesia dan timnas Malaysia bisa berjumpa di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kok, bisa? Begini syaratnya.

Keinginan pendukung Indonesia untuk menantang Malaysia dalam pertandingan resmi FIFA tampaknya berpotensi terjadi akhir tahun ini atau awal tahun depan. Bukan di Piala AFF 2024, melainkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Indonesia vs Malaysia bisa terjadi pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang dimulai Oktober 2023. Pasalnya, FIFA baru-baru ini merilis daftar resmi tim-tim yang akan bermain di putaran pertama (play-off). Di situ ada timnas Indonesia. Sementara timnas Malaysia langsung ke putaran kedua.

Di putaran pertama ini, 18 tim peringkat 28-45 (peringkat AFC) akan bermain kandang-tandang dalam dua leg. Sembilan pemenang maju ke babak kedua.

Nantinya, di putaran kedua, 36 tim peringkat 1-27 dan sembilan pemenang putaran pertama dibagi menjadi sembilan grup yang terdiri dari empat tim. Tim akan bermain kandang-tandang. Sembilan juara grup dan runner-up grup melaju ke babak ketiga dan otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Kemudian, pada putaran ketiga, 18 tim yang maju dari putaran kedua dibagi menjadi tiga grup yang terdiri dari enam tim. Dua tim teratas dari setiap grup lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Tim urutan ketiga dan keempat maju ke putaran keempat.

Selanjutnya, pada putaran keempat, enam tim urutan ketiga dan keempat dari putaran ketiga dibagi menjadi dua grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Pemenang setiap grup lolos ke Piala Dunia 2026, dan runner-up ke putaran kelima.

Terakhir, pada putaran kelima, dua runner-up grup di putaran keempat akan bertanding kandang-tandang dalam dua leg. Pemenangnya, menjadi wakil Asia pada play-off antarkonfederasi.

Lalu, di mana Indonesia vs Malaysia terjadi? Putaran kedua jika Indonesia berhasil lolos dari putaran pertama. Harimau Malaya masuk kategori 36 tim peringkat 1-27. Sementara kontingen Garuda menjadi satu dari sembilan pemenang putaran pertama.

Jika terjadi, ini adalah ulangan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Ketika itu, Indonesia asuhan Simon McMenemy tampil ala kadarnya untuk menyerah dari Malaysia di Jakarta dan Kuala Lumpur. Kekalahan-kekalahan itu berujung pemecatan pelatih asal Skotlandia.

Timnas Indonesia baru bisa membalas di era Shin Tae-yong pada Piala AFF 2020 di Singapura.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network