Dikenal Sebagai Rival, Maukah Park Hang-seo Bekerja Sama dengan Shin Tae-yong Jika Menjadi Pelatih Persib?

"Wah bakal panas nih, urusan pemanggilan pemain bakal sulit wkwk"

Analisis | 18 July 2023, 11:04
Dikenal Sebagai Rival, Maukah Park Hang-seo Bekerja Sama dengan Shin Tae-yong Jika Menjadi Pelatih Persib?

Libero.id - Selepas mengumumkan perpisahan dengan Luis Milla, Persib Bandung langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti pelatih asal Spanyol tersebut.

Selain digosipkan akan kembali merajut kerja sama dengan Mario Gomez, klub yang memiliki warna kebesaran biru tersebut juga dikabarkan tengah santer mengejar pelatih asal Korea Selatan, Park Hang Seo.

Di sisi lain banyak yang menyatakan kesetujuannya jika mantan pelatih Timnas Vietnam tersebut menjadi nakhoda anyar bagi skuat Pangeran Biru.

Bahkan, beberapa pihak mulai mendorong manajemen Persib agar segera melakukan langkah nyata untuk melakukan pendekatan kepada pria yang sukses mendampingi Timnas Vietnam tersebut.

Namun, yang menjadi pertanyaan besar adalah, maukah Park Hang Seo menjadi pelatih Persib Bandung, yang notabene adalah salah satu klub di kompetisi Liga 1 Indonesia dan memiliki kelas berbeda dengan Timnas Indonesia?

Tentu ini akan menjadi sebuah pertanyaan yang menarik, mengingat perangai Park Hang Seo selama ini yang selalu merasa lebih baik dari coach Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia.

Dengan menjadi pelatih Persib Bandung, maka mau tak mau Park Hang Seo harus menjadi "bawahan" dari sang kompatriot, Shin Tae Yong yang memegang kendali penuh atas Timnas Indonesia senior dan U-23.

Dengan kata lain, apa yang diinginkan oleh Shin Tae Yong terhadap para pemain Persib Bandung nantinya, Park Hang Seo harus menurutinya, mengingat kepentingan Tim Nasional tentu menjadi prioritas dan di atas kepentingan klub.

Dengan sikap Park Hang Seo yang sepertinya tak mau mengalah kepada sang kompatriot, akan sangat mungkin pula nantinya akan muncul atmosfer persaingan, meski kedua pelatih menangani level tim yang berbeda.

Namun, tak selamanya hal itu mendatangkan sisi negatif. Jikapun nantinya Park Hang Seo benar-benar menjadi bagian dari Persib Bandung di Liga 1 Indonesia, maka kritikan-kritikan dari pelatih yang satu ini, bisa saja menjadi sebuah hal yang sangat diperlukan untuk kemajuan persepakbolaan Indonesia.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network