Analisis Masa Depan 3 Pemain Timnas U-23 yang Dihukum AFC di Era Shin Tae-yong

"Masih dipanggil atau tidak? Ini prediksinya."

Analisis | 15 July 2023, 04:01
Analisis Masa Depan 3 Pemain Timnas U-23 yang Dihukum AFC di Era Shin Tae-yong

Libero.id - AFC secara resmi telah menjatuhkan hukuman kepada tiga pemain Indonesia dan dua pesepakbola Thailand atas insiden memalukan di final SEA Games 2023. Dengan tongkat kepelatihan Timnas U-23 yang kini dipegang Shin Tae-yong, apakah tiga pemain itu akan dipanggil lagi?

Akibat insiden perkelahian massal di Kamboja, tiga punggawa Garuda Muda, Komang Teguh Trisnanda, Titan Agung, dan Taufany Muslihuddin harus dihukum 6 pertadingan dan denda USD1.000 (Rp14 juta).

Titan Agung dan Komang Teguh Trisnanda dinilai melanggar Pasal 47 dan 38.2.4 Kode Disiplin dan Etika AFC. Sementara Taufany Muslihuddin dianggap melanggar Pasal 51 soal keributan dalam pertandingan. Berdasarkan investigasi dan rekaman video, ketiganya secara sah dan meyakinkan bersalah.

Itu artinya ketiga pemain tersebut tak akan ambil bagian di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada 6-12 September 2023. Sebulan sebelumnya, mereka juga absen di Piala AFF U-23 2023.

Tapi, bukan hanya 6 pertandingan. Ketiga pemain tampaknya juga tidak akan dipanggil lagi untuk membela Garuda Muda. Pasalnya, pelatih timnas U-23 kini telah dikembalikan kepada Shin Tae-yong setelah selama SEA Games 2023 diambilalih Indra Sjafri karena Piala Dunia U-20 2023 yang batal.

Pertama, Shin Tae-yong dikenal sebagai sosok pelatih yang tegas. Banyak sudah pemain timnas Indonesia yang dibuang lantaran masalah indispliner. Sebut saja Osvaldo Haay, Rifad Marasabessy, hingga Nurhidayat Haji Haris.

Kedua, Shin Tae-yong mungkin tidak akan menggunakan pemain-pemain SEA Games 2023. Pasalnya, sebagian besar pemain tersebut sudah berstatus anggota timnas Indonesia senior. Contohnya, Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, hingga Ramadhan Sananta.

Untuk timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023 dan Kualifikasi Piala AFC U-23 2024, Shin Tae-yong sepertinya bakal menggunakan pemain-pemain lulusan timnas U-20 yang batal ke Piala Dunia U-20 2023.

Itu berarti, nama-nama pemain muda seperti Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh, Daffa Fasya, Rabbani Tasnim, Arkhan Fikri, Robi Darwis, Kakang Rudianto, atau Achmad Maulana Syarif akan mendapatkan kesempatan bermain. Ini sekaligus jadi panggung pemain muda menimba pengalaman. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network