Dua Hal ini Bikin Shin Tae-yong Senang Melihat Performa Timnas U-19

"Jadi, apa yang dikatakan pelatih asal Korea Selatan itu?"

Analisis | 07 April 2022, 23:11
Dua Hal ini Bikin Shin Tae-yong Senang Melihat Performa Timnas U-19

Libero.id - Tim nasional Indonesia U-19 menghasilkan kemenangan ketiga dalam rangkaian pemusatan latihan dan uji coba di Korea Selatan. Kali ini, Garuda Muda mengalahkan Kyungil University 2-1 di Stadion Auxiliary Mini, Daegu, Kamis (7/4/2022). Secara khusus, Shin Tae-yong menyebut dua hal yang memuaskan.

Indonesia sudah berada di Negeri Ginseng selama sekitar satu bulan. Dalam perkembangannya, timnas U-19 menjalani sejumlah pertandingan dengan hasil beragam.

Garuda Muda sempat mengalami kekalahan 1-5 Yeungnam University. Kemudian, 0-7 melawan Korea Selatan U-19. Selanjutnya, kemenangan 2-1 kontra Daegu University. Lalu, kembali kalah 1-5 dari Korea Selatan U-19. Berikutnya, imbang 2-2 melawan Gimcheon Sangmu FC dan kemenangan 2-0 atas Pohang Steelers.

Setelah Pohang, timnas U-19 sebenarnya berencana menghadapi Daegu FC. Tapi, urung dilakukan setelah tes PCR menyatakan beberapa pemain lawan positif Covid-19. Jadi, pilihannya Kyungil University.

Meski melawan klub universitas, Garuda Muda tetap bermain serius. Timnas U-19 memimpi melalui Arsa Ramadan Ahmad pada menit 38. Kemudian, Rabbani Tasnim Siddiq mencetak gol kedua pada menit 81. 

Selepas pertandingan, Tae-yong mengaku ada sejumlah perkembangan positif yang didapatkan Marselino Ferdinan dkk selama hampir satu bulan di Korea. "Saya sangat senang dengan hasil ini, karena pemain semakin hari terus meningkat kemampuannya dan membaik," ujar Tae-yong, di situs resmi PSSI.

"Pastinya ada progres. Sejauh ini, selama pemusatan latihan di Korea, peningkatan yang paling signifikan terlihat dari para pemain adalah di sisi mental dan agresivitas permainan, serta usaha pemain untuk selalu bisa memenangkan pertandingan," tambah Tae-yong.

"Itu adalah hal-hal yang menurut saya punya progres sangat baik," ucap pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Komentar Tae-yong juga disetujui pemain timnas U-19. Pasalnya, kemenangan ketiga menjadi tren positif bagi timnas U-19 selama pemusatan latihan di Korea. Dan, itu adalah hal yang bagus, yang menunjukkan ada perkembangan dari hari ke hari.

"Ini karena kerja keras tim selama pertandingan, termasuk saat saya bisa cetak gol. Kami sejauh ini semakin kompak, fisik teman-teman juga sudah meningkat, passing  juga membaik. Mental akan terus kami tingkatkan. Itu merupakan salah satu pesan penting dari pelatih," kata Arsa.

Berikutnya, timnas U-19 sudah mengagendakan pertandingan lainnya. Mereka akan kembali menggelar satu uji coba melawan Pohang pada Sabtu (9/4/2022). Itu akan menjadi uji coba terakhir Garuda Muda di Negeri Ginseng.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network