Jika Potugal Gagal Lolos ke Piala Dunia, Inilah 5 Calon Pengganti Fernando Santos

"Menanti nomor satu unjuk kualitas saat menangani timnas."

Analisis | 17 November 2021, 16:02
Jika Potugal Gagal Lolos ke Piala Dunia, Inilah 5 Calon Pengganti Fernando Santos

Libero.id - Pelatih Portugal, Fernando Santos, berada di bawah pengawasan ketat menyusul kekalahan mengecewakan dari Serbia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Santos harus melihat timnya kalah 2-1 di Estadio Da Luz oleh tim tamu. Hasil imbang sebenarnya sudah cukup bagi Portugal untuk lolos ke turnamen besar sebagai juara grup.

Setelah kekalahan ini, Portugal harus merelakan posisi teratasnya diambil Serbia selaku juara Grup A. Tak sampai di situ, Portugal juga harus memainkan pertandingan play-off untuk menyegel tempat mereka di Qatar.

Mereka akan menghadapi salah satu runner-up grup lain dalam pertandingan play-off dua leg yang akan dijadwalkan pada awal tahun depan.

Mengingat banyaknya pemain bintang di skuad Portugal, kekalahan dari Serbia tentu sangat mengecewakan. Apalagi, melihat mereka harus memainkan babak play-off. Itu membuat kami mudah memahami mengapa banyak pihak marah kepada Santos usai gagal membawa Seleccao das Quinas menuju Qatar.

Saat sang pelatih terus berjuang untuk masa depannya, berikut adalah lima manajer yang bisa menggantikan Santos jika dia akhirnya kehilangan pekerjaannya.

#5 Ruben Amorim

Ruben Amorim adalah salah satu manajer termuda di Eropa saat ini dan baru saja melakukan keajaiban bersama Sporting Lisbon. Pelatih berusia 36 tahun itu bisa dibilang menjadi yang paling mengesankan di papan atas Liga Portugal musim ini. Dia membawa Sporting duduk di puncak klasemen bersama Porto dengan 28 poin dari 11 pertandingan.

Amorim memulai kariernya sebagai pelatih saat memimpin SC Braga menjuarai Piala Liga Portugal pada musim 2019/2020. Dia kemudian bergabung dengan Sporting Lisbon tahun lalu, dan telah membawa mereka meraih gelar Liga Primera, Piala Portugal, dan Piala Super.

# 4 Andre Villas-Boas

Andre Villas-Boas telah menikmati karier manajerial yang luar biasa, bekerja dengan tim-tim seperti Chelsea, Tottenham Hotspur, Zenit, Porto, dan Olympique Marseille. Ahli taktik ini telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk Liga Europa dan trofi domestik di Portugal dan Rusia.

Villas-Boas adalah sosok yang populer di Portugal berkat penampilannya yang mengesankan bersama FC Porto saat memenangkan treble domestik pada 2010/2011. Tentu tidak akan mengejutkan jika dia menjadi manajer Portugal berikutnya.

#3 Paulo Fonseca

Paulo Fonseca adalah pilihan lain yang layak untuk menjadi manajer Portugal berikutnya jika Santos didepak dalam waktu dekat. Bahkan, sudah ada beberapa rumor yang beredar dan menghubungkan juru taktik ini dengan pekerjaan tim nasional.

Hal itu terkait dengan fakta bahwa dia saat ini sedang menganggur setelah kontraknya dengan AS Roma habis pada akhir musim lalu. Selain raksasa Serie A, pria 48 tahun itu juga pernah bekerja dengan Shakhtar Donetsk.

Fonseca adalah sosok yang terkenal di sepakbola Portugal setelah sukses bersama SC Braga dan FC Porto. Proyek paling mengesankan dalam kariernya sejauh terjadi di Shakhtar Donetsk, di mana dia memenangkan tujuh trofi hanya dalam tiga tahun.

#2 Sergio Conceicao

Pilihan lain yang layak mengambil alih tempat Santos sebagai pelatih kepala Portugal adalah Sergio Conceicao. Dia saat ini menjadi manajer FC Porto. Sang ahli taktik ini melakukan pekerjaan yang bagus di Estadio do Dragao, di mana timnya saat ini memimpin perburuan gelar Liga Primera.

Sejak mengambil alih Porto pada Juli 2017, Conceicao telah memimpin The Dragons meraih lima trofi, termasuk dua gelar liga, satu Piala Portugal dan dua Piala Super Portugal. Dia juga membanggakan rekor 166 kemenangan, 34 seri, dan 34 kekalahan dalam 234 pertandingannya sejauh ini.

#1 Jose Mourinho

Jose Mourinho adalah manajer Portugal paling sukses dalam sejarah. Sang ahli taktik ini memiliki karier manajerial yang patut ditiru di level klub. Tapi, dia belum pernah menerapkan taktiknya di sepakbola internasional sebelumnya.

Mourinho telah memenangkan semua yang ada di sepakbola level klub. Sang ahli taktik membuat sejarah dengan memenangkan Liga Champions dan Liga Europa. Dia juga telah memenangkan trofi domestik di Inggris, Italia, Spanyol, dan Portugal. Dia juga pernah menangani beberapa klub besar termasuk Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, dan Manchester United.

Pria berusia 58 tahun ini memiliki pengalaman dan popularitas yang luas. Itu akan membuatnya menjadi favorit untuk menjadi manajer Portugal berikutnya jika Santos dipecat.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network