Rekor Gokil Pep Guardiola! Pelatih Pertama yang Raih 2 Treble Winners

"Yang terpenting, kutukan Afrika pecah."

Analisis | 11 June 2023, 08:59
Rekor Gokil Pep Guardiola! Pelatih Pertama yang Raih 2 Treble Winners

Libero.id - Pep Guardiola layak berbangga hati dengan keberhasilan mendapatkan Si Kuping Besar bersama Manchester City. Artinya, pria Spanyol itu jadi pelatih di Eropa pertama yang mendapatkan treble winners bersama dua klub di dua negara berbeda. Gokil!

The Citizens menjadi kampiun Liga Champions setelah mengalahkan Inter Milan dengan skor 1-0 pada final di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Minggu (11/6/2023) dinihari WIB.

Ini kemenangan bersejarah karena Man City lebih dulu  mengamankan gelar juara Liga Premier dengan keunggulan 5 poin dari rival terdekat, Arsenal. Kemudian, The Citizens mengalahkan rival sekota, Manchester United, 2-1 pada pertandingan puncak Piala FA.

Artinya, Man City menjadi klub kedelapan yang sukses merajai tiga kompetisi utama dalam semusim. Torehan treble Man City terasa semakin manis bagi Pep Guardiola. Sebab, ini treble winners keduanya.

Yang membuat Pep Guardiola semakin istimewa adalah dirinya merupakan pelatih pertama dalam sejarah Eropa yang melakukan hal tersebut  bersama dua klub berbeda. Bukan hanya klub, negaranya juga berbeda. Treble winners perdana Pep Guardiola didapatkan bersama Barcelona pada 2008/2009.

Gelar Man City juga mengakhiri penantian panjang Pep Guardiola dalam memenangi kompetisi prestisius itu. Sebelum ini medali juara Liga Champions didapat Guardiola, 12 tahun lalu, bersama El Barca.

Ini juga mengakhiri "kutukan Afrika" yang sempat disandang Pep Guardiola. Atribut itu selalu melekat pada Pep Guardiola sejak meninggalkan Barcelona. Konon, kutukan itu berlaku karena dirinya sering mencampakan pemain-pemain Afrika, khususnya Yaya Toure.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network