Bagaimana Line-up Timnas U-20 vs Irak di Laga Perdana Piala AFC U-20 2023? Ini Prediksinya

"Langsung saja simak analisis menarik berikut ini.."

Analisis | 28 February 2023, 06:27
Bagaimana Line-up Timnas U-20 vs Irak di Laga Perdana Piala AFC U-20 2023? Ini Prediksinya

Libero.id - Hasil latihan timnas U-20 selama sebulan di Jakarta akan mulai mendapatkan ujian serius pada pertandingan pertama Piala AFC U-20 2023 melawan Irak U-20. Pertanyaannya, bagaimana Garuda Muda akan bermain tanpa kehadiran Marselino Ferdinan di starting line-up.

Indonesia akan menghadapi Irak di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023) malam WIB dan akan disiarkan langsung RCTI.

Timnas U-20 sudah tiba di Uzbekistan sejak Sabtu (25/2/2023). Lantaran waktu yang singkat antara kedatangan Garuda Muda dengan pertandingan pertama, Shin Tae-yong memutuskan tidak menggelar pertandingan uji coba lagi. Tampaknya, dia sudah bisa mengambil kesimpulan dari pertandingan di Turnamen Mini Internasional U-20, pekan lalu.

Saat pertandingan melawan Fiji U-20, Selandia Baru U-20, dan Guatemala U-20, Shin Tae-yong telah mencoba berbagai taktik maupun strategi.

Pertanyaannya, apakah Shin Tae-yong akan menggunakan starting line-up dengan dua atau tiga bek? Pasalnya, berdasarkan kebiasaan, pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu sering menggunakan beberapa formasi awal seperti 4-3-3, 4-2-3-1, 4-4-2, 3-4-3, 3-6-1, hingga 3-4-3.

Jika melihat apa yang terjadi selama Turnamen Mini Internasional U-20, kemungkinan Shin Tae-yong akan menggunakan skema tiga bek. Bisa 3-5-2 atau 3-4-3.

Entah 3-4-3- atau 3-5-2, posisi orang yang ada di bawah mistar hampir pasti menjadi milik Cahya Supriadi. Kiper Persija Jakarta itu akan dilindungi oleh rekan setimnya, Muhammad Ferarri dan dua pemain klub rival Persib Bandung. Mereka adalah Kakang Rudianto dan Robi Darwis.

Tiga bek tengah akan didukung dua bak sayap cepat dalam diri Dzaky Asraf dan Dony Tri Pamungkas. Tugas keduanya adalah menyerang dan bertahan secara seimbang.

Selanjutnya, tanpa Marselino Ferdinan, yang ditunggu ada di tengah. Empat pemain tengah yaitu Achmad Maulana, Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, atau Ferdiansyah Cecep bisa menjadi dua atau tiga gelandang solid. Itu akan tergantung dari 3-5-2 atau 3-4-3 yang dipilih.

Yang menarik lain ada di lini depan. Apakah Hokky Caraka atau Rabbani Tasnim yang akan menjadi penyerang tengah. Jika 3-4-3 yang dipilih, kemungkinan Alfriyanto Nico, Ginanjar Wahyu Ramdhani, Ronaldo Kwateh, atau Hugo Samir menjadi dua penyerang sayap.

Tapi, jika 3-5-2 yang menjadi skema dasar, tampaknya Rabbani Tasnim atau Hokky Caraka akan berduet dengan Ronaldo Kwateh.

Khusus Ronaldo Kwateh ada catatan khusus. Putra Roberto Kwateh itu akan masuk starting line-up jika fit. Pasalnya, Shin Tae-yong sempat mengeluhkan kondisi fisik Ronaldo Kwateh yang tidak 100 karena selama beberapa hari di Turki untuk teken kontrak dengan Bodrumspor kurang latihan.

Jadi, kita tunggu saja nanti bagaimana timnas U-20 akan bermain menghadapi Irak. Sebab, bukan hanya hal teknis yang harus diantisipasi, melainkan juga cuaca Uzbekistan yang dingin.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network