Jelaskan Cara Menendang Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar

"Simak penjelasan berikut."

Analisis | 17 January 2023, 01:30
Jelaskan Cara Menendang Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar

Libero.id - Di era modern, sepakbola menjadi olahraga yang paling populer dibandingkan olahraga lainnya. Sepakbola termasuk ke dalam jenis permainan bola besar sama seperti bola basket, bola voli dan lain-lain.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepakbola adalah permainan beregu di lapangan, mengandalkan bola yang disepak sepak, berlangsung selama 2 x 45 menit, dan kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan sepak bola diharuskan melibatkan pergerakan unsur fisik, mental, motorik kasar dan motorik halus, serta dibangun dengan kekuatan tim yang solid. Pergerakan semua unsur tersebut dilakukan untuk menjaga pergerakan bola tetap dinamis dan melewati garis gawang.

Sama seperti olahraga lainnya, sepakbola juga memiliki beberapa teknik-teknik yang harus dikuasai para pemain. Permainan ini terlihat sederhana, yaitu dengan menendang bola. Tapi, memperlakukan latihan khusus dan terus-menerus agar bisa bermain bola dengan baik.

Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stoping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tackling), lemparan ke dalam (throw–in), dan menjaga gawang (goal keeping).

Salah satu teknik dalam permainan sepakbola yang harus dikuasai adalah menendang bola.

Dalam menendang juga dibutuhkan untuk melancarkan berbagai teknik lainnya, seperti passing, shooting, dan menggiring bola. Lebih khsususnya, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara menendang bola menggunakan kaki bagian luar.

Cara menendang bola dalam permainan sepakbola menggunakan kaki bagian luar adalah sebagai berikut: 

1. Berdiri menghadap bola. 

2. Letakan kaki tumpu di samping bola. 

3. Kedua lengan di samping badan, agak terentang. 

4. Pergelangan kaki untuk menendang diputar ke dalam dan kunci. 

5. Pandangan fokus pada bola. 

6. Selanjutnya, tarik kaki yang akan digunakan mengumpan ke belakang, ayunkan ke depan ke arah bola bersamaan kaki diputar ke arah dalam.

7. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola. 

8. Bawa berat badan ke depan bersamaan kaki yang digunakan menendang diletakan di depan.

9. Pandangan fokus ke bola.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network