Jelaskan Apa yang Anda Ketahui Tentang Permainan Sepakbola

"Simak penjelasan berikut ini"

Analisis | 17 January 2023, 01:33
Jelaskan Apa yang Anda Ketahui Tentang Permainan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola menjadi olahraga yang paling populer di era modern. Olahraga ini telah lama populer di kalangan masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan kini, sepakbola menjadi permainan yang kerap dikompetisikan, baik dalam di tingkat lokal hingga internasional.

Olahraga ini menjadi acara olahraga yang paling banyak ditonton di televisi berdasarkan data yang dihimpun pada Juni 2021. Bahkan, sepakbola disebut sebagai "raja olahraga" dengan jumlah penonton di dunia mencapai 3,5 miliar.

Sepakbola mengungguli cabang olahraga populer lainnya seperti kriket, bola basket, tenis, dan juga bola voli. Popularitas sepakbola juga sampai di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari ramainya penonton saat ada pertandingan sepakbola.

Sepakbola merupakan salah stau jenis permainan bola besar. Permainan ini dimainkan oleh dua regu atau tim secara berlawanan. Jumlah pemain yang bertanding di lapangan yaitu sebanyak 22, dengan masing-masing tim terdiri dari 11 pemain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepakbola merupakan permainan beregu di lapangan, yang menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan, yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Sementara menurut Ensiklopedia Britannica, sepakbola adalah permainan yang melibatkan dua tim, yang terdiri dari 11 pemain yang mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan.

Jika merujuk pada Modul 1 Tim Kesebelasan Sepakbola (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pengertian sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola untuk diperebutkan di antara pemain-pemain. Induk sepakbola dunia adalah FIFA, dan induk sepakbola Indonesia adalah PSSI.

Tujuan permainan sepakbola

Tujuan permainan sepakbola adalah mencetak gol ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan gol. Dalam permainan sepakbola, gol adalah ketika bola masuk secara penuh ke dalam gawang. 

Sepakbola adalah olahraga berdasarkan waktu. Sepakbola dimainkan selama 90 menit yang dibagi menjadi dua babak. Dengan durasi masing-masing babak adalah 45 menit. Pemenang dalam permainan sepakbola ditentukan dari tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network