Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Mengontrol Bola dalam Permainan Sepakbola

"Penjelasan berikut ini penting disimak para pemain."

Analisis | 10 January 2023, 04:48
Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Mengontrol Bola dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Sama seperti olahraga lainnya, sepakbola juga memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain. Salah satunya yaitu teknik mengontrol bola.

Meski teknik  ini terlihat sederhana, tidak mudah secara praktik, para pemain perlu latihan rutin untuk bisa menguasai teknik ini dalam segala kondisi. Sebab, mengontrol bola dalam permainan sepakbola merupakan salah teknik dasar yang harus dikuasai para pemain.

Mengontrol bola adalah teknik yang digunakan pemain dalam menghentikan bola untuk menguasai bola.

Merujuk pada buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2017) yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, control atau kontrol dalam Bahasa Indonesia merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemain sepakbola.

Keterampilan dalam permainan sepakbola dikelompokkan seperti berikut:

1. Keterampilan menciptakan skor, yaitu : mengumpan (passing), kontrol bola, tendangan ke gawang, dan mendukung pembawa bola.

2. Keterampilan mencegah skor, yaitu: mengawal pemain lawan (marking) dan merebut bola.

3. Keterampilan memulai permainan, yaitu: lemparan ke dalam, tendangan penjuru, dan tendangan bebas.

Salah satu keterampilan buang harus dimiliki para pemain adalah mengontrol bola. Mengontrol bola merupakan suatu usaha untuk menghentikan bola yang sedang melaju cepat saat bermain sepakbola.

Contoh: ketika seorang pemain mendapatkan umpan dari rekan setimnya maka pemain tersebut akan mengontrol bola dengan cara menghentikan lalu menguasainya.

Teknik menghentikan bola harus dikuasai dengan baik oleh seorang pesepakbola agar dia bisa mengontrol atau menguasai bola secara baik. Karena dua keterampilan ini tidak bisa dipisahkan. Adapun bagian tubuh yang bisa digunakan untuk melakukan kontrol bola adalah kaki paha, perut, serta dada.

Cara Mengontrol Bola

1. Mengontrol bola dengan telapak kaki
2. Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam
3. Mengontrol bola dengan kaki bagian luar
4. Mengontrol bola dengan punggung kaki
5. Mengontrol bola dengan dada
6. Mengontrol bola dengan kepala
7. Mengontrol bola dengan paha

Latihan Mengontrol Bola

Cara mengontrol bola berbeda-beda tergantung dengan bagian tubuh yang mau digunakan. Misalnya mengontrol bola menggunakan dada ataupun paha tentu berbeda. Pada saat mengontrol bola menggunakan paha kedua tangan direntangkan dengan tujuan untuk menyeimbangkan badan karena saat itu hanya satu kaki yang digunakan pemain untuk berdiri.

Mengontrol bola menggunakan kaki tentu saja berbeda, pemain bisa menggunakannya dengan kaki bagian dalam, luar, punggung, dan telapak kaki.

Tahapan latihan I

Latihan ini dilakukan secara berpasangan/berkelompok. Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 5 m. Bola dipantulkan, digulirkan, dan dilambungkan dari depan.  Latihan ini dilakukan di tempat, dilanjutkan maju-mundur dan menyamping. Lakukan berulang-ulang dan bergantian.

Tahapan latihan II

Berdiri saling berhadapan dengan jarak sekitar 5 meter. Bola ditendang/dioper secara bergantian. Dilakukan secara berpasangan/berkelompok. Latihan ini dilakukan di tempat, dilanjutkan dengan bergerak maju, mundur, dan menyamping. Lakukan berulang-ulang dan bergantian.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network