Jelaskan Tujuan Utama Permainan Bola Basket

"Bola basket memiliki beberapa tujuan utama. Ini diantaranya.."

Analisis | 30 August 2022, 14:28
Jelaskan Tujuan Utama Permainan Bola Basket

Libero.id - Bola basket dan olahraga-olahraga lainnya memiliki banyak manfaat positif. Melakukan aktivitas gerak dapat membuat tubuh sehat dan bugar.

Bola basket menjadi salah satu olahraga yang paling digemari masyarakat di berbagai belahan bumi. Awalnya, olahraga ini ditemukan oleh James Naismith pada 1930-an. Lalu, berkembang di Indonesia sejak 1940-an, dan terus dimainkan orang hingga sekarang.

Bola basket dimainkan lima orang. Setiap pemain memiliki posisi dan tugas masing-masing. Olahraga ini dapat dimainkan di area terbuka (indoor) maupun tertutup (outdoor).

Dalam pertandingan bola basket, tujuan setiap tim adalah mencetak skor sebanyak-banyaknya ke ring lawan. Tapi, terdapat beberapa tujuan utama yang jauh lebih penting dari sekedar kemenangan.

Berikut ini 10 tujuan utama permainan bola basket:

1. Mencetak Poin Sebanyak-banyaknya
Dalam permainan bola basket, pemenang ditentukan jumlah poin yang dicetak. Ini menuntut setiap tim untuk mencetak sebanyak mungkin poin demi meraih kemenangan.

2. Mencegah Lawan Mengalahkan Kita
Setiap tim yang bertanding sudah pasti menginginkan  kemenangan. Jadi, setiap tim haruslah selalu mencetak gol sebanyak-banyaknya. Selain itu, tim harus mencegah tim lain mengungguli raihan poin tim sendiri.

3. Menjunjung Tinggi Sportivitas dan Fair Play
Olahraga membutuhkan sikap sportif. Setiap permainan yang baik selalu menjujung tinggi sportivitas, termasuk bola basket. Dengan adanya sikap sportif, maka setiap tim yang meraih kemenangan dan kekalahan akan menerima hasilnya dengan hati ikhlas dan lapang dada.

4. Meningkatkan Kerja Sama dengan Orang Lain
Bola basket dimainkan banyak orang. Jadi, olahraga ini sangat membutuhkan komunikasi yang baik dan kerjasama.

5. Demi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
Salah satu tujuan utama dalam permainan bola basket adalah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan bermain bola basket seseorang akan mendapatkan tubuh yang sehat. Organ tubuh terutama jantung dan pernapasan bisa menjadi lebih sehat dan kebugaran meningkat.

6. Melatih dan Menjaga Kekuatan Otot
Bola basket memiliki tujuan melatih kekuatan otot. Setiap gerakan-gerakannya seperti dribble, passing, dan shooting memang terbukti dapat memperbesar massa otot.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Kemenangan merupakan hal yang utama dalam sebuah pertandingan. Sebab, itu akan meningkatkan rasa percaya diri bagi setiap pemain dalam tim. Kepercayaan diri itulah yang akan membuat semua elemen tim optimistis meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.

8. Membuat Emosi Tetap Stabil 
Jadi hal yang lumrah salam setiap pertandingan bola basket dan olahraga lainnya terjadi gesekan dan protes. Tapi, atlet harus menjaga pikiran dan emosinya agar tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan tim dan pihak lain.

9. Menjaga dan Mengembangkan Keseimbangan Tubuh
Tujuan dari permainan bola basket yang terakhir adalah membangun dan menjaga keseimbangan tubuh. Selain kecepatan dan kekuatan, olahraga bola basket juga membutuhkan keseimbangan tubuh yang mumpuni. Maka dari itu setiap pemain basket haruslah berlatih keras dalam hal keseimbangan.

10. Badan Menjadi Semakin Lincah
Bola basket terdiri dari berbagai gerakan yang memerlukan kecepatan dan kelincahan. Passing dan dribble merupakan teknik yang membutuhkan kecepatan dari setiap individunya. Jadi, atlet harus berlatih kecepatan dalam memainkan bola basket. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network