Pengertian Bola Tangan, Sejarah dan Cara Bermainnya

"Olahraga ini kebalikan dari sepakbola."

Analisis | 19 August 2022, 08:38
Pengertian Bola Tangan, Sejarah dan Cara Bermainnya

Libero.id - Dalam olahraga bola besar, dikenal juga permainan bola tangan atau handball. Tapi, apakah anda sudah tahu, pengertian dari permainan yang satu?

Permainan bola tangan atau handball merupakan salah satu jenis olahraga bola besar yang cara bermainnya mirip dengan sepakbola. Tapi, dalam olahraga ini cara memindahkan bola adalah dengan menggunakan tangan, bukan kaki. Ini kebalikan dengan sepakbola dan futsal.

Jika merujuk pada buku Metode Dasar-Dasar Handball (2016) karya Muhlisin dan Joko Pranawa Adi, pengertian bola tangan adalah olahraga beregu yang dimainkan dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang).

Dari pengertian di atas, dapat disederhanakan pengertian bola bola tangan atau handball merupakan olahraga yang menggunakan tangan untuk memantulkan, melempar, dan memasukan bola ke dalam gawang. Sejauh ini, bola tangan juga sudah dipertandingkan di Olimpiade.

Sejarah Olahraga Bola Tangan

Masih melansir dari sumber yang sama, buku karya Muhlisin dan Joko Pranawa Adi dengan judul Metode Dasar-Dasar Handball (2016), disebutkan bahwa permainan bola tangan ini ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Pada zaman tersebut olahraga bola tangan atau handball dikenal dengan istilah "Uraina". Kemudian seiring berjalannya waktu, olahraga ini mulai berkembang dan pertama kali diperkenalkan oleh seorang tokoh gymnastic dari Jerman, yaitu Konrad Koch.

Konrad Koch memperkenalkan olahraga bola tangan atau handball pada 1890. Tapi, permainan modern handball pertama kali diterbitkan pada 29 Oktober 1917 oleh Max Heiser, Karl Schelenz, dan Erich Konigh dari Jerman.

Kemudian, peraturan modern bola tangan diterbitkan pada 1917 di Jerman, dan telah memiliki beberapa revisi sejak pertandingan internasional pertama yang dimainkan pada tahun 1925 untuk laki-laki dan pada tahun 1930 untuk perempuan.

Olahraga ini terbagi menjadi dua kategori, putra dan putri. Bahkan, handball outdoor pertama kali dimainkan di Olimpiade 1936 di Berlin. Sementara, pada Olimpiade 1972 di Muenchen, handball indoor mulai dipertandingkan untuk kategori putra dan untuk putri baru ditambahkan pada Olimpiade 1976 di Montreal.

Aturan Main Bola Tangan

Seusai dengan namanya permainan handball dimainkan dengan menggunakan tangan. Tapi, di satu sisi, permainan bola tangan juga bisa menggunakan kepala, lutut, dan paha.

Kemudian, terdapat perbedaan antara aturan main bola tangan indoor dengan outdoor. Bola tangan indoor melibatkan 7 orang pemain yang berada di lapangan, yaitu 6 pemain dan 1 penjaga gawang. Sedangkan outdoor hanya membutuhkan 4 orang pemain dan 4 orang cadangan.

Selain itu, durasi permainan bola tangan antara putra dan putri juga berbeda. Untuk putra adalah 2x30 menit dengan waktu istirahat 10 menit. Sementara putri adalah 2x20 menit dengan waktu istirahat 10 menit.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network