Asia Punya 8+1 untuk Piala Dunia 2026, Bagaimana Peluang Indonesia?

"Kuota 8+1. Yang 8 otomatis dan 1 play-off interzone"

Analisis | 01 August 2022, 23:16
Asia Punya 8+1 untuk Piala Dunia 2026, Bagaimana Peluang Indonesia?

Libero.id - Meksipun di level Asia Tenggara saja belum kunjung mengangkat trofi, tapi mimpi melihat Timnas Indonesia untuk bisa berbicara lebih banyak di level yang lebih tinggi tetap harus dijaga. Berhubung mimpi jadi tak usahlah tanggung dan malu-malu. Mimpi untuk bermain di Piala Dunia sekalipun.
Dalam pada itu Timnas Indonesia berpotensi lolos langsung ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bagaimana mungkin?

Pada Senin (1/8), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui Komite Eksekutif sudah menyetujui format kualifikasi untuk Piala Dunia 2026 dan juga Piala Asia 2027. Nah, AFC mendapatkan kuota delapan slot ke putaran final Piala Dunia 2026 ditambah satu slot lewat Intercontinental Playoff.

Jumlah tersebut tak lepas dari penambahan peserta Piala Dunia 2026 dari yang semula 32 tim menjadi 48 tim. Sebelumnya, benua Asia hanya mendapat jatah empat tim lolos langsung ke putaran final dan satu slot lewat Intercontinental Playoff.




AFC
juga kalau memutuskan Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan terdiri dari empat putaran yakni putaran pertama, putaran kedua, lalu Kualifikasi Asia (putaran ketiga) dan juga Playoff Asia (putaran keempat).

Putaran pertama akan diikuti 22 tim berperingkat 26-47 ranking FIFA zona Asia. Pertandingan akan digelar dengan format home-away dan pemenang akan maju ke putaran kedua.

Di putaran kedua, 36 tim dengan ranking 1-25 Asia akan bertemu 11 pemenang di putaran pertama. Pada babak ini, akan dibagi menjadi sembilan grup yang masing-masing terdiri dari 4 tim.

Babak ini akan digelar dengan round robin dan juga format home-away. Dua tim teratas masing-masing grup (18 tim) berhak melaju ke putaran ketiga.

Jika menengok peringkat tim besutan Shin Tae-yong saat ini, berdasarkan update FIFA pada 23 Juni lalu, Indonesia menempati posisi 30 di level Asia dengan 1019,19 poin.

Dengan begitu, Indonesia bakal masuk ke dalam kelompok tim yang harus berjuang dari putaran pertama. Tapi kabar baiknya, rangkaian Kualifikasi Piala Dunia 2026 baru akan dimulai pada bulan Oktober 2023.

Dengan kata lain Indonesia masih berpotensi memperbaiki posisi di ranking FIFA untuk bisa langsung bermain di putaran kedua. Peluang Indonesia untuk langsung ke putaran kedua terbilang besar. Pasalnya, Skuad Garuda terpaut tak begitu jauh dari ranking 25 Asia saat ini yang ditempati oleh Hong Kong dengan 1061,15 poin.

Dan kabar baiknya lagi, Marc Klok dan rekan-rekan masih memiliki banyak agenda sebelum Oktober 2023. Termasuk terdekat FIFA matchday.

Lalu Desember 2022, Indonesia juga akan berlaga di Piala AFF 2022. Setelah itu, Indonesia juga akan bermain di putaran final Piala Asia 2023 pada Juni-Juli mendatang.

Tak hanya itu, Indonesia juga bisa memaksimalkan poin tambahan di waktu-waktu akhir jika PSSI bisa mendapatkan lawan uji tanding di kalender FIFA matchday pada September 2023.

Jika melihat perkembangan Indonesia dalam satu tahun ke belakang, bukan tak mungkin Indonesia bisa menembus posisi 25 Asia untuk bisa langsung lolos ke kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2026.

Secara hitung-hitungan, pada Agustus 2021, Indonesia masih berada di ranking 35 Asia dengan 957,05 poin. Dan, dalam waktu satu tahun, Indonesia bisa naik lima peringkat dengan penambahan poin sebanyak 62,14 poin.

Semoga Skuad Garuda bisa berbuat yang terbaik.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network