Suami Takut Istri? Ada "Klausul Coleen" di Kontrak Wayne Rooney dengan DC United

"Kontrak kerja macam apa itu? Ini penjelasan detailnya.."

Analisis | 19 July 2022, 21:09
Suami Takut Istri? Ada "Klausul Coleen" di Kontrak Wayne Rooney dengan DC United

Libero.id - Setelah tidak lagi melatih Derby Country, Wayne Rooney dipinang klub Major League Soccer (MLS), DC United. Legenda Manchester United itu menandatangani kesepakatan yang berlangsung hingga akhir 2023 dengan opsi perpanjangan 1 tahun. Uniknya, ada "Klausul Coleen" dalam kontraknya.

DC United bagi Wayne Rooney bukan klub asing. Setelah meninggalkan Inggris, dirinya sempat bermain di klub Washington DC tersebut.

Kini, setelah tidak lagi memperpanjang ikatan dinas dengan Derby County, Wayne Rooney kembali ke DC United. Tugasnya mengembalikan klub yang pernah dimiliki Erik Thohir itu ke posisi yang sebenarnya. Sebab, DC United adalah klub tradisional dan salah satu pendiri MLS.

Sejauh itu tidak ada yang janggal dengan kesepatakan antara DC United dengan Wayne Rooney. Tapi,  kalau kita mencermati klausul rilis, seketika terasa aneh. Bukan tentang tawaran dari klub rival. Tapi, ini lebih bersifat pribadi. Ini hanya ada di kontrak Wyane Rooney seorang.

Biasanya, pemain atau pelatih yang memiliki klausul lepas akan mensyaratkan hal-hal teknis. Misalnya dengan harga tertentu. Ada pula larangan membela klub lawan abadi seperti dari Real Madrid ke Barcelona, atau AS Roma ke Lazio, dan sebaliknya. Bisa juga jika sudah memenuhi jumlah piala tertentu.

Tapi, klausul lepas Wayne Rooney benar-benar aneh. Layaknya suami takut istri, dalam kontrak mantan pemain Everton itu tertulis "bisa meninggalkan DC United atas permintaan Coleen Rooney". Sontak, media Inggris menyebutnya sebagai "Klausul Coleen".

Dalam kontrak itu, Wayne Rooney bebas untuk kembali ke Inggris dan bergabung kembali dengan keluarganya jika ada klub Liga Premier yang menawarinya melatih. Tentu saja atas permintaan sang istri.

Hal itu terpaksa dilakukan Wayne Rooney karena Coleen dan keempat anak mereka yang masih kecil, Kai, Cass, Klay, dan Kit tidak ikut ke Negeri Paman Sam. Mereka memutuskan tinggal di Inggris karena punya pengalaman buruk saat Wazza membela DC United pada 2018-2020.

"Klausul dalam kontrak baru Wayne Rooney senilai 800.000 pounds (Rp14 miliar) per tahun di DC United akan memungkinkan dirinyaa pulang ke keluarganya di Inggris," tulis Mirror.

"Wayne Rooney awalnya merencanakan musim panas bersama keluarga setelah meninggalkan Derby County. Tapi, dia tidak menyangka akan ditawari pekerjaan secepat ini. Kontraknya memungkinkan dia untuk berbicara dengan klub Liga Premier jika ada pekerjaan yang lain di Inggris," tulis Mirror lagi.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network