7 Fakta Menarik Tentang Perhelatan SEA Games 2021

"Nomor 3 jadi sejarah tersendiri."

Analisis | 05 May 2022, 18:12
7 Fakta Menarik Tentang Perhelatan SEA Games 2021

Libero.id - Hanoi, Vietnam, akan menjadi tuan rumah SEA Games 2021. Multievent dua tahunan itu memiliki tujuh fakta menarik yang bisa kita ungkap.

Multievent dua tahunan itu akan dimulai pada 12-23 Mei 2022, meski beberapa cabang olahraga lebih dulu melangsungkan pertandingan. Salah satunya cabor sepakbola yang akan dimulai pada Jumat (6/5/2022).

Tanpa basa-basi lagi, mari kita ungkap fakta menarik apa yang disuguhkan pada SEA Games kali ini:

1. 40 Cabang Olahraga

Sebanyak 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2021. Namun, jumlah nomor yang dipertandingkan berkurang karena minimnya jumlah peserta yang memenuhi kuota.

Nomor angkat besi putri, lempar martil putra, dan bola tangan putri tak dipertandingkan karena hanya mengutus perwakilan atlet dari dua negara. Padahal, setiap nomor setidaknya membutuhkan minimal tiga negara untuk bersaing memperebutkan medali.

2. SEA Games ke-31

Pesta olahraga bergengsi antarnegara Asia Tenggara ini menjadi edisi ke-31. Pertama kali SEA Games digelar di Bangkok, Thailand, pada 1959.

Thailand saat itu keluar sebagai juara umum di multievent yang pertama kali bernama Southeast Asian Peninsular Games tersebut.

3. Pertama Kali Digelar di Tahun Genap

SEA Games tahun ini mencetak sejarah baru karena pertama kali digelar di tahun genap. Multievent ini biasanya selalu melangsungkan hajatan di tahun ganjil setiap dua tahun sekali sejak 1959.

Alasannya cukup logis karena pandemi Covid-19 yang membuat multievent itu digelar bulan ini. Padahal, multievent itu sejatinya dijadwalkan pada 21 November 2021-2 Desember 2021.

4. Penggagas SEA Games Jadi Tuan Rumah     

SEA Games tahun ini digelar salah satu negara penggagas pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Vietnam diketahui merupakan salah satu negara penggagas SEA Games.

Negeri tersebut mencetuskan SEA Games bersama Thailand, Laos, Myanmar, dan Malaysia. Awalnya, olahraga ini dinamai Southeast Asian Peninsular dan berlangsung di Thailand.

5. Vietnam Jarang Jadi Tuan Rumah

Meski menjadi salah satu penggagas multievent, ternyata Vietnam jarang sekali terpilih sebagai tuan rumah. Mereka terakhir kali menjadi tuan rumah pada 2003.

6. Vietnam Tak Masuk Lima Besar Peraih Medali Terbanyak

Vietnam rupanya tidak termasuk lima negara peraih medali terbanyak di SEA Games. Meski tahun ini menjadi tuan rumah, namun sepak terjang Vietnam di gelaran SEA Games masih kalah dengan negara-negara lain.

Vietnam merupakan negara ke 6 peraih medali terbanyak. Negara peraih medali SEA Games terbanyak adalah Thailand, yakni 5758 medali. Sedangkan Indonesia berada di posisi kedua dengan pencapaian total 5307 medali.

7. SEA Games 2021 Kembali Pertandingkan Esports 

SEA Games 2021 kembali mempertandingkan esports. Ini merupakan kedua kalinya dalam sejarah bahwa SEA Games mempertandingkan olahraga tersebut. Peraih medali terbanyak cabang olahraga esports adalah Filipina.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network