5 Rekor Lionel Messi yang Tak Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo

"Siapa yang dapat memecahkan rekor nomor 5?"

Analisis | 24 March 2022, 17:45
5 Rekor Lionel Messi yang Tak Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo

Libero.id - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah dua pesepakbola hebat di era modern. Hingga sekarang, mereka berdua terus bersaing untuk mencetak rekor demi rekor sebelum memilih gantung sepatu.

Bisa dibilang Messi dan Ronaldo adalah pemain terhebat dari generasi mereka, bahkan mungkin pesepakbola terhebat sepanjang masa.

Sepanjang kariernya, Ronaldo dan Messi telah memecahkan banyak rekor baik di klub maupun negaranya. Tapi, superstar asal Portugal itu belum memiliki beberapa rekor yang telah dicetak Lionel Messi. Pada catatan itu, mari kita lihat 5 rekor Lionel Messi yang tak bisa dipecahkan Cristiano Ronaldo.

5. 50 gol Dalam Satu Musim Liga

Musim 2011/2012 adalah salah musim terbaik sepanjang karier Lionel Messi. Bagaimana tidak, superstar asal Argentina itu berhasil mencatatkan dirinya sebagai top skor La Liga dengan torehan gol yang luar biasa. Pemain Argentina itu mencetak 50 gol dengan rasio 1,35 gol dalam 37 pertandingan La Liga musim itu.

Rekor ini, hingga sekarang belum bisa dipecahkan pemain manapun, termasuk Cristiano. Meski superstar asal Portugal itu nyaris memecahkan rekor di musim 2014/2015 ketika dia mencetak 48 gol dalam 35 pertandingan dan mendapatkan penghargaan Pichichi tahun itu. Tapi, dia belum bisa melampaui Messi dengan 50 golnya dalam satu musim.

Tapi, kita akan tetap menunggu Ronaldo memecahkan rekor di tahun-tahun mendatang, yang akan menjadi pencapaian besar mengingat usianya yang kini sudah 37 tahun.

4. Memenangkan 4 Ballon d'Or berturut-turut.

Messi mencuri perhatian setiap fans sepakbola ketika dia mengumumkan dirinya di panggung dunia sebelum memenangkan Ballon d'Or pertamanya pada 2009.

Sejak tahun itu, siapa sangka tiga tahun berikutnya sang superstar asal Argentina menjadi langganan peraih Balon d'Or. Itu artinya Messi meraih empat Trofi Balon d'Or berturut-turut dari 2009 hingga 2012, bahkan Messi memecahkan rekor sebelumnya yang diraih Michel Platini dalam tiga musim berturut-turut (1983 hingga 1985).

Sementara itu, Ronaldo hanya dua kali meraih penghargaan sebagai pemain terbaik itu selama dua tahun berturut-turut (2013/2014 dan 2016/2017). Klaimnya untuk Ballon d'Or ketiga berturut-turut digagalkan oleh Messi sendiri, yang memenangkan penghargaan untuk rekor kelima kalinya pada 2015.

3. Assist Terbanyak di El Clasico

El Clasico selalu menjadi pertandingan paling penting di La Liga, termasuk bagi kedua pemain terbaik itu memperlihatkan siapa yang paling hebat. Tapi, sepanjang pergelaran El Clasico, Lionel Messi memiliki rekor gol dan assist yang sepertinya tidak akan pernah dipecahkan Ronaldo.

Sebelum meninggalkan Barcelona, Messi adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah El Clasico dengan 25 gol. Sementara Cristiano hanya mencetak 17 gol, selisih 8 gol dari bintang Argentina itu. Bahkan, Messi juga memegang rekor assist terbanyak di El Clasico dengan (14 assist) jauh melampaui Cristiano Ronaldo.

2. Mencetak 60 Gol Lebih di Semua Kompetisi dalam Musim Berturut-turut

Alasan penting mengapa Ronaldo dan Messi dianggap sebagai pemain terhebat yang pernah ada dalam sepakbola adalah karena kemampuan mencetak golnya yang luar biasa.

Lionel Messi adalah satu-satunya pemain dalam sejarah yang telah mencetak 60 gol lebih dalam dua musim berturut-turut. Dia mencetak 73 gol di musim 2011/2012 dalam 60 pertandingan, mencetak 60 gol dalam 50 pertandingan di musim berikutnya. Seperti Messi, Ronaldo juga telah melewati batas 60 gol dua kali dalam karienya, meskipun tidak di musim berturut-turut. Dia mencetak 60 gol dalam 55 pertandingan di musim 2011/2012 dan 61 gol dalam 54 pertandingan di musim 2014/2015.

Tentu saja, dia sangat mahir melewati angka 50 gol, setelah melakukannya dalam enam musim berturut-turut. Namun, untuk mencetak gol lebih dari 60 kali dalam dua musim berturut-turut kini tetap menjadi tantangan bagi bintang Manchester United itu, mengingat usia dan jumlah musim tersisa dalam karier gemilangnya tinggal menghitung tahun.

1. Mencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Tahun Kalender

Musim 2012 adalah musim terbaik bagi Lionel Messi dengan Argentina berada di puncak kekuasaannya dan mengukir namanya di banyak rekor. Namun, satu tonggak sejarah yang menonjol adalah gol terbanyak yang dicetak dalam satu tahun kalender. Rekor ini tampaknya tak akan tersentuh oleh pemain mana pun selama bertahun-tahun yang akan datang, apalagi Ronaldo.

Bintang PSG itu mencetak 91 gol hanya dalam 69 pertandingan pada 2012 ketika dia masih bermain di Barcelona. Dia memecahkan rekor Legenda Jerman Gerd Mueller sebelumnya dengan 85 gol yang dicetak pada 1972. Dia juga memecahkan rekor gol liga terbanyak dalam satu musim (50) dan gol terbanyak dalam satu musim liga (73) di tahun yang sama.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network