Kisah Bebeto Cetak 4 Gol untuk Deportivo La Coruna

"Masih ingat momen selebrasi gendong bayi."

Analisis | 24 March 2022, 18:10
Kisah Bebeto Cetak 4 Gol untuk Deportivo La Coruna

Libero.id - Jose Roberto Gama de Oliveira alias Bebeto adalah Legenda sepakbola asal Brasil. Mantan penyerang Deportivo La Coruna itu memiliki kenangan indah bersama timnas Brasil. Di Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, Bebeto melakukan selebrasi menggendong bayi.

Pasalnya, dua hari sebelum perempat final Piala Dunia 1994 melawan Belanda, istri Bebeto, Denise, melahirkan putranya, Mattheus. Kelahiran putranya itu dia rayakan dengan mencetak gol dan melakukan selebrasi menggendong bayi.

Dia menjadi pencetak gol terbanyak keenam Brasil, torehan 39 gol Bebeto dalam 75 penampilannya di internasional membuatnya layak disebut sebagai salah satu legenda sepakbola Brasil.

Selain sukses berkiprah di level internasional bersama timnas Brasil, Bebeto akan selalu dikenang di La Liga saat dia bermain untuk Deportivo La Coruna. Selama empat musim bersama Deportivo La Coruna periode 1992-1996, penyerang asal Brasil itu mencetak sejumlah gol atas namanya.

Munculnya Super Depor

Saat tiba di Riazor pada musim panas 1992 bersama rekan setimnya di Brasil Mauro Silva, Bebeto membantu mengantarkan era “Super Depor” di bawah presiden klub Augusto Cesar Lendoiro dan pelatih Arsenio Iglesias.

Pada saat dia kembali ke negara asalnya empat tahun kemudian, dia juga telah mencatatkan dirinya ke dalam buku sejarah La Liga setelah mencetak 5 gol dalam satu pertandingan.

Tiga tahun pertama Bebeto di klub mulai dari kemenangan hingga tragedi dan kembali lagi. Dia mengklaim penghargaan Pichichi sebagai pencetak gol terbanyak Spanyol dengan 29 gol dalam 37 pertandingan selama musim debutnya, namun dia mendapati dirinya berperan kuat dalam peran penjahat setahun kemudian setelah menolak untuk mengambil penalti menit terakhir, pada hari terakhir musim ketika melawan Valencia dengan Depor membutuhkan kemenangan untuk mengklaim gelar pertama mereka.

Miroslav Djukic pun mengambil alih penalti, dan gagal mengkonversinya menjadi gol kemenangan. Itu membuat mereka gagal meraih gelar dan juara La Liga diserahkan kepada Barcelona.

Beruntung, pada saat musim ketiga Bebeto di Depor, dia memiliki lebih banyak alasan untuk bergembira setelah membintangi kesuksesan Piala Dunia. Dia juga memperbaiki keadaan dengan Romario yang pergi ke turnamen saat menolak untuk duduk di sebelahnya.

Pasangan penyerang Brasil itu sering berseteru, tetapi kemudian mengakhirinya dengan bergandengan tangan di lapangan.

Sementara musim 1994/1995 membuktikan salah satu momen bersejarah bagi Depor, dengan klub akhirnya meraih trofi domestik besar pertama di Copa del Rey dengan kemenangan katarsis atas Valencia, tim yang mengakhiri harapan liga mereka setahun yang lalu.

Kemenangan itu menandai awal dari akhir untuk siklus pertama "Super Depor" tetapi tidak sebelum satu final berkembang dari Bebeto pada awal musim berikutnya. Pada saat itu, beberapa keajaiban mulai memudar dengan kepergian Iglesias digantikan oleh John Toshack yang secara signifikan kurang populer.

Sejak awal, pemain Wales itu tidak berbuat banyak untuk membuat dirinya disayangi di klub. Setelah menang 2-1 atas Real Madrid di Santiago Bernabeu di Supercopa de Espana, hasil yang mengakhiri kemenangan agregat 5-1, dia mengatakan kepada wartawan bahwa timnya “harus merasa malu” untuk mengangkat trofi mengingat bagaimana mereka bermain.

Tiga gol dalam empat pertandingan La Liga pertama Depor tahun itu, termasuk dua gol dalam kemenangan 3-0 atas Valencia menjadi penentu ketika Bebeto mencetak hat-trick melawan APOEL Nicosia di putaran pertama Piala Winners Eropa.

Satu Permainan yang Tak Terlupakan

Berbaris melawan tim yang berjuang dari degradasi Albacete di Riazor pada Minggu, 1 Oktober 1996, Bebeto tidak akan pernah tahu dia akan meniru prestasi yang terakhir dicapai oleh 'Pichi' Alonso yang terkenal mencetak lima gol untuk Real Zaragoza melawan Espanyol pada 1979.

Apa yang membuat prestasi Bebeto sangat tidak biasa adalah pengaturan waktu gol itu sendiri.

Hanya butuh dua menit bagi pemain Brasil itu untuk membuka keunggulan sore itu dengan cara yang spektakuler. Menghubungkan dengan bola langsung dari sepak pojok, Bebeto melepaskan tendangan gunting yang dieksekusi dengan sempurna melewati Fernando Marcos yang malang di gawang Albacete.

Dengan bek Albert Tomas tertatih-tatih untuk Albacete semenit kemudian, banyak yang berasumsi bahwa itu akan membuat lini pertahanan sudah tidak bisa dikendalikan. Tapi, justru sebaliknya, selama 81 menit berikutnya, Albacete lebih dari bertahan. Faktanya, ketika Mauro Silva, yang masuk sebagai pemain pengganti Dmitri Radchenko, Depor mulai kembali menguasai permainan.

Enam Menit yang Gila

Hanya delapan menit waktu tersisa, dimulai dengan lolongan mutlak. Dengan Albacete mengejar permainan, kiper Marcos memutuskan untuk mengubah sweeper-keeper, keluar dari kotaknya untuk membersihkan bola lepas. Setelah melakukan kerja keras dengan menggiring bola melewati Bebeto, penjaga gawang melakukan dosa besar dengan membersihkan bola langsung ke kaki sesama pemain pengganti Depor, Adolfo Aldana.

Upaya jarak jauhnya kemudian dibelokkan ke jalur Bebeto oleh Marcos, yang membuang sedikit waktu untuk memasukkan bola melewati bek di garis ke gawang yang kosong. Meskipun Bebeto memiliki tujuan yang sebagian besar terbuka untuk membidik, dia masih melakukannya dengan baik untuk memandu bola masuk dari luar kotak penalti.

Semenit berselang, Depor kembali menembus pertahanan Albacete. Kali ini rekan penyerang Bebeto, Javier Manjarin adalah arsitek dari semuanya, memulai lari seperti Diego Maradona melalui pertahanan lawan sebelum memberikan bola kepada rekan setimnya di Brasil untuk mencetak hat-trick.

Suasana heboh mulai memenuhi Riazor, hanya dua menit kemudian, Bebeto berada di tempat sekali lagi untuk memanfaatkan gerakan tim yang mengesankan, saat jersey biru dan putih memenuhi Albacete yang semakin rapuh.

Pemain Brasil itu kemudian harus menunggu selama tiga menit untuk menyelesaikan lima golnya, tetapi itu sepadan. Memanfaatkan umpan terobosan yang bagus dari pahlawan lokal, Fran, Bebeto membuktikan bahwa dia bukan pedagang tap-in, menempatkan bola melewati Marcos yang melaju dengan tembakan pertama untuk mengirim fans Depor ke dalam kehancuran.

Bebeto menjadi pemain tercepat dalam sejarah La Liga yang mencetak empat gol, pencapaian Bebeto menjadi lebih istimewa karena itu adalah pertama kalinya putranya, Mattheus, menghadiri salah satu pertandingannya.

Bebeto mengakhiri musim dengan 32 gol di semua kompetisi untuk Depor, penampilan terbaiknya di klub, tetapi musimnya akan berakhir dengan dia menuju pintu keluar. Ambisi gelar Depor mendapat pukulan serius dalam minggu-minggu berikutnya dengan tim menderita tiga kekalahan berturut-turut dari Real Sociedad, Racing Santander dan Atletico Madrid.

Masalah datang di kepala Bebeto seminggu kemudian ketika, selama kemenangan jelek `1-0 atas Sporting Gijon, Toshack memilih untuk menyeret pemain Brasil itu pergi.

Bebeto menerima penarikan itu dengan buruk dan, dalam langkah yang tidak seperti biasanya, dilaporkan menghina ibu pelatihnya dalam pertukaran yang buruk di pinggir lapangan. Meskipun pasangan itu memperbaiki keadaan sampai batas tertentu, Bebeto memilih untuk kembali ke Brasil bersama Flamengo pada musim panas berikutnya.

Itu adalah langkah yang dia sesali, dengan Bebeto akhirnya kembali ke Spanyol bersama Sevilla. Saat itu Toshack telah meninggalkan Depor menyusul perselisihan mengenai transfer. Terlepas dari perbedaan mereka, pelatih Wales itu menempatkan Bebeto di antara pemain terbaik yang pernah bekerja dengannya.

Kembalinya Bebeto ke Spanyol akan terbukti berumur pendek dengan pemain Brasil itu akhirnya kembali ke tanah airnya, di mana peningkatan dalam bentuk membuatnya mendapatkan tempat di skuad Brasil Mario Zagallo untuk Piala Dunia 1998.

Bertahun-tahun kemudian dan setelah memantapkan dirinya sebagai politisi dalam karier pasca-permainannya sebagai Deputi Negara Bagian Rio de Janeiro, Bebeto akan menyatakan: "Tuhan memberi saya hadiah untuk mencetak gol." Tuhan benar-benar bekerja dengan cara yang misterius hari itu melawan Albacete.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network