Kisah Sial Klub Kasta Bawah Inggris Kehilangan Sponsor Gara-gara Salah Beli Pemain

"Bagaimana reaksi fans."

Analisis | 02 February 2022, 18:42
Kisah Sial Klub Kasta Bawah Inggris Kehilangan Sponsor Gara-gara Salah Beli Pemain

Libero.id - Sponsor adalah bagian penting dalam keberlangsungan sebuah klub sepakbola. Bagaimanapun juga klub butuh uang untuk mendanai segala hal, seperti gaji pemain, perawatan stadion, dan lain sebagainya.

Kesepakatan dengan sponsor, seperti menempelkan brand di jersey dan lain sebagainya adalah salah satu jalan yang biasa dipakai.

Namun, sial bagi klub amatir di Liga Skotlandia, Raith Rovers, yang telah kehilangan kesepakatan sponsor mereka karena kecerobohan saat mendatangkan seorang pemain bernama David Goodwillie pada hari batas waktu transfer.

Kedatangan pemain yang berposisi striker itu dari klub League One, Clyde, ternyata tidak membuat para penggemar senang.

Goodwillie sebelumnya terlibat dalam kasus pemerkosaan. Dia diputuskan bersalah di pengadilan sipil dan dituntut untuk membayar denda kepada korban senilai 100.000 pounds.

Goodwillie cukup beruntung karena otoritas hukum Skotlandia memutuskan untuk tidak melakukan penuntutan pidana.

Banding pada tahun 2017 menguatkan keputusan kasus pengadilan sipil untuk mantan striker Blackburn Rovers dan mantan pemain Dundee United itu.

Ternyata, itulah api pemicunya. Penandatanganan Goodwillie dapat dimengerti membuat marah sponsor dan tidak menaruh simpati.

Salah satu fan klub, Val McDermid, yang juga penulis novel kriminal terkenal di Skotlandia, mengungkapkan bahwa dia tidak akan lagi memberi dukungan kepada klub tersebut.

"Pagi ini saya telah mengakhiri dukungan seumur hidup saya kepada Raith Rovers atas penandatanganan pemerkosa David Goodwillie," katanya di Twitter.

"Saya telah membatalkan sponsor kaus musim depan atas langkah menjijikkan dan tercela ini,” timpalnya. "Ini menghancurkan klaim apa pun sebagai komunitas atau klub keluarga.”

"Goodwillie tidak pernah mengungkapkan sedikit pun penyesalan atas pemerkosaan yang dia lakukan. Kehadirannya di Starks Park adalah noda di klub,” ungkapnya. "Saya juga akan merobek tiket musiman saya.”

"Ini adalah patah hati bagi saya dan banyak penggemar lainnya, saya tahu," jelasnya.

Selain sponsornya, dan dukungan seumur hidup untuk klub, ada juga stan yang dinamai sesuai nama ayahnya, yang adalah seorang pemandu bakat di klub tersebut.

Kritik McDermid terhadap Rovers telah digaungkan oleh banyak pendukung, kapten tim wanita, serta politisi lokal, dan badan amal.

Kapten Tyler Rattray mengungkapkan bahwa dia meninggalkan klub setelah 10 tahun bersama Raith. Aksinya itu dilakukan karena penandatanganan Goodwillie.

"Keputusan yang benar-benar mengerikan Raith Rovers. Hormat kepada penggemar Anda yang menyebut ini. Anda harus mendengarkan mereka dan memikirkan kembali," ujar Anggota Parlemen Livingston, Hannah Bardell.

Rape Crisis Scotland, sebuah badan amal terkemuka yang berkampanye melawan kekerasan terhadap perempuan mengeluarkan pernyataan: "Kami terkejut dan sangat kecewa bahwa Raith Rovers dengan senang hati mengirimkan pesan yang jelas untuk mengabaikan para penyintas pemerkosaan dan kekerasan seksual dengan menandatangani David.”

"Pada dasarnya - meskipun tampaknya Raith FC tidak setuju - kehidupan wanita lebih penting daripada bakat atau karier pria. Pesepakbola adalah panutan - terutama bagi kaum muda - dan tidak apa-apa memiliki seseorang di posisi ini yang telah ditemukan oleh seorang senior. Hakim untuk menjadi pemerkosa,” tulis pernyataan tersebut.

"Kami bertanya-tanya apakah mereka yang mengambil keputusan ini berpikir sejenak tentang bagaimana kelihatannya atau perasaan para penyintas harus menyaksikan seseorang yang dinilai telah melakukan pemerkosaan dirayakan dan diberi tepuk tangan,” ungkapnya.

"Ini adalah keputusan buruk yang mengirimkan pesan yang sepenuhnya salah, dan itu harus ditarik," tutupnya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network