Peringkat 5 Klub Sepakbola Eropa yang Saat ini Paling Untung

"Posisi pertama-kedua justru bukan klub dari Inggris, Italia, atau Spanyol."

Analisis | 30 January 2022, 02:02
Peringkat 5 Klub Sepakbola Eropa yang Saat ini Paling Untung

Libero.id - Suka atau tidak, sepakbola merupakan sebuah industri besar. Dan, sebagaimana lazimnya bisnis, ada perputaran uang yang masif terjadi. Penjualan tiket dan jersey, kesepakatan sponsor, hingga hak siar televisi menjadi beberapa komponen yang membuat yang membuat klub bisa memutar roda kehidupan.

Banyak klub yang siap untuk melakukan apa saja guna mencapai keseimbangan yang baik antara kesuksesan di lapangan dan keuntungan finansial. Sebab, dengan kas yang sehat, sebuah klub bisa terus eksis.

Meski itu adalah bayangan ideal, menghasilkan keuntungan yang banyak sekaligus juga mendapat trofi dalam sepakbola bukanlah tugas yang mudah. Bahkan, hingga sekarang hanya ada beberapa klub telah menunjukkan kepada dunia bagaimana cara menjalankan tim sepakbola dengan sukses.

Nah, berikut ini 5 tim sepakbola paling untung di Eropa tahun lalu:

5. Real Madrid

Pemenang Liga Champions 13 kali, Real Madrid, mendapat banyak kritik selama bertahun-tahun. Mereka sering disalahkan karena menghambur-hamburkan jumlah uang yang besar, sehingga mengganggu keseimbangan di pasar transfer.

Namun, faktanya Los Blancos saat ini adalah salah satu klub sepakbola terbaik. Sejak 2012, klub dari ibu kota Spanyol itu belum pernah mencatatkan tahun yang tidak menguntungkan secara finansial. Bahkan, mereka mampu menghasilkan pendapatan 350 juta euro (Rp5,6 triliun).

Madrid juga salah satu dari sedikit klub sepakbola yang menghasilkan keuntungan di tahun keuangan 2020/2021. Meski dilanda Covid-19, klub ini mencatatkan keuntungan 120 juta euro (Rp1,92 triliun). Itu keuntungan yang sangat minimalis.

Tapi, jika dibandingan kerugian Barcelona yang mencapai 481 juta euro (Rp7,7 triliun) dalam rentang yang sama, Los Blancos jauh lebih baik.

4. Liverpool

Juara Inggris 19 kali Liverpool adalah klub dengan pendapatan yang bagus lainnya, baik di dalam maupun di luar lapangan. Pemiliknya, Fenway Sports Group, adalah orang-orang yang cerdas dalam perencanaan finansial.

The Reds jarang mengejar pemain yang tidak memberikan nilai tambah bagi klub. Mereka juga telah menjual pemain-pemain bintang seperti Fernando Torres, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho yang mendatangkan keuntungan besar.

Secara keseluruhan, Liverpool telah menghasilkan keuntungan 73 juta euro (Rp1,17 triliun) selama dekade terakhir. Potong rentang menjadi dua, dan anda akan melihat keuntungan dari semua aspek naik hingga 240 juta euro (Rp3,8 triliun).

Jika bukan karena Covid-19, Liverpool akan melampaui pendapatan 300 juta euro (Rp4,8 triliun) selama lima tahun terakhir.

3. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur memang kurang beruntung soal gelar. Tapi, dalam hal keuntungan yang dihasilkan, Spurs telah mencatat 406 juta euro (Rp6,5 triliun) laba diluar penghitungan pajak selama dekade terakhir. Dan, angka itu membuat Tottenham menjadi klub paling untung di Inggris.

Mereka sebenarnya memiliki utang kotor sebesar 1,4 miliar euro (Rp22,45 triliun) karena stadion baru. Tapi, mereka juga memiliki pinjaman jangka panjang dengan bunga rendah untuk membantu melunasinya di tahun-tahun mendatang.

2. Ajax Amsterdam

Ajax adalah satu-satunya klub di daftar ini yang tidak termasuk dalam lima besar liga top Eropa. Tapi, berkat akademi yang berkembang dengan baik dan penampilan reguler di Liga Champions, Ajax adalah salah satu klub paling baik dalam hal pengelolaan keuangan di Eropa.

Klub elite Belanda itu telah menghasilkan sekitar hampir 239 juta euro (Rp3,8 triliun) pendapatan selama dekade terakhir. Pada musim 2018/2019, ketika mereka mencapai semifinal Liga Champions, pemuncak klasemen Eredivisie saat ini mencatatkan keuntungan 69 juta euro (Rp1.1 triliun).

1. Bayern Muenchen

Raksasa Bundesliga dan pemenang Liga Champions 2019/2020, Bayern Muenchen, duduk di urutan teratas, setelah mendapatkan 366 juta euro (Rp5,8 triliun) sebelum pajak selama dekade terakhir. Seperti Madrid, Bayern juga mencatatkan keuntungan di tahun keuangan 2020/2021 yang dilanda Covid-19.

Prestasi ini dimungkinkan karena capaian mereka di Liga Champions dan eksposur komersial yang tak tertandingi di seluruh dunia. Bayern juga mendatangkan tambahan 35 juta euro (Rp561 miliar) berkat peringkat koefisien UEFA.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Tottenham Hotspur


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network