10 Kontrak Sepatu Terbesar di Sepakbola

"Bagaimana ceritanya nomor 5 dapat sponsor?"

Analisis | 26 January 2022, 02:26
10 Kontrak Sepatu Terbesar di Sepakbola

Libero.id - Para pesepakbola terkenal biasanya tidak hanya mendapat uang besar dari gaji profesionalnya. Beberapa di antara mereka memanfaatkan popularitasnya untuk meraup uang besar, seperti menjadi sponsor sepatu hingga menandatangani kontrak dengan gaji besar.

Pada catatan itu, superstar asal Brasil, Neymar Jr, berada di peringkat teratas dengan nilai kontrak terbesar. Mantan pemain Barcelona itu menandatangani kontrak sepatu bermerek Puma, dan menjalin kontrak sepatu dengan rekor dunia terbesar.

Neymar menandatangani kontrak itu setelah membantu Paris Saint-Germain ke final Liga Champions pertama mereka.

Tercatat kontrak senilai 23 juta pounds (Rp 445 miliar) per tahun. Jumlah itu tercatat masih sebagai rekor dunia.

Tapi, siapa lagi yang menghasilkan banyak uang dengan memakai sepatu sponsor?

Berikut, 10 Kontrak Sepatu Terbesar di Sepakbola

1. Neymar, 23 juta pounds (Rp 445 miliar)

Pemain depan Brasil yang penuh teka-teki itu meninggalkan Nike untuk bergabung dengan saingannya, Puma. Keputusan itu membuatnya dihadiahi kontrak sponsor individu terbesar dalam sejarah olahraga. Tidak diketahui berapa lama kesepakatan itu akan berlangsung, tetapi kesepakatan sebelumnya dengan Nike adalah 11 tahun dan bernilai setengah dari kesepakatan bersama Puma.

"Saya tumbuh dengan menonton video Legenda sepakbola hebat seperti Pele, Cruyff, Eusebio, dan Maradona, yang masing-masing bermain bersama Puma,” ungkap Neymar.

"Untuk alasan ini, mulai hari ini dan seterusnya, saya mendapat kehormatan untuk bersatu dengan merek yang membantu legenda sepakbola terbesar menjadi seperti sekarang ini."

2. Lionel Messi, 18 juta pounds (Rp 348 miliar)

Pesepakbola kedua yang menjadi miliarder setelah Cristiano Ronaldo adalah Lionel Messi. Dia berada di urutan kedua dalam penawaran sepatu terbaik sepanjang masa.

Pada 2017, legenda Barcelona itu mengejutkan dunia saat bergabung dengan PSG. La Pulga menandatangani perpanjangan kontrak sepatunya dengan Adidas - memberinya kontrak seumur hidup dengan perusahaan tersebut.

Dia adalah pesepakbola pertama yang merilis sub-merek sepatu Adidas, dengan namanya sendiri "Adidas Messi".

Seiring berjalannya waktu, dan ketika Messi akhirnya gantung sepatu, itu bisa saja menguntungkannya. Sama halnya seperti merek Air Jordan yang diciptakan Nike untuk Michael Jordan.

3. Cristiano Ronaldo, 15 juta pounds (Rp 290 miliar)

Sebagai aset Nike, Ronaldo, adalah penghasil utama mereka. Namun, kontrak Neymar sekarang mengerdilkannya sebesar 8 juta pounds (Rp 154 miliar).

Tetapi, Ronaldo dapat merasa tenang karena kesepakatannya akan membayar lebih dari Neymar - dilaporkan bernilai 780 juta pounds (Rp 15 triliun) seumur hidup.

CR7 adalah atlet ketiga yang menandatangani kontrak seumur hidup dengan Nike, bersama dengan Michael Jordan dan LeBron James.

4. Kylian Mbappe, 14 juta pounds (Rp 271 miliar)

Kylian Mbappe menjadi sasaran perang penawaran antara sponsornya saat ini dan Adidas pada 2019. Dia menandatangani kontrak 10 tahun senilai sekitar 140 juta pounds, yang diyakini aktif selama dia bermain di liga top. Superstar PSG itu dikabarkan tertarik untuk bergabung dengan Nike, mengikuti jejak idolanya, Ronaldo.

Dia adalah orang yang bisa menantang posisi Neymar di tahun-tahun mendatang, apalagi usianya baru 23 tahun.

5. Mario Balotelli, 5 juta pounds (Rp 96 miliar)

Anak emas Italia, Mario Balotelli, berada di puncak permainannya bersama AC Milan pada 2014. Seorang anggota kunci dari tim nasional Italia, dia adalah harapan terbaik negara untuk kejayaan. Jadi, ketika kontraknya dengan Nike berakhir, Puma mendapatkan kontrak 10 tahun senilai sekitar 5 juta pounds (Rp 96 miliar) per tahun.

Sekarang dia berada di persimpangan jalan dalam kariernya setelah menuju Adana Demirspor di Turki. Pemain berusia 31 tahun itu kini tidak laku seperti dulu.

6. Gareth Bale, 4 juta pounds (Rp 77 miliar)

Pemain hebat Wales, yang menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Spurs, menghasilkan sekitar 18 juta pounds (Rp 348 miliar) per tahun dari Real Madrid.

Dia memiliki kesepakatan sponsor eksklusif dengan orang-orang seperti EA Sports, Lucozade, dan Adidas, untuk menyebutkan beberapa saja.

Namun, kontraknya dengan pabrikan olahraga Jerman adalah yang paling menguntungkannya. Kerja sama itu menghasilkan Gareth Bale sekitar 4 juta pounds (Rp 77 miliar) per tahun. Itu tentu cukup untuk mempertahankan Bale di klub golf.

7. Antoine Griezmann, 3,5 juta pounds (Rp 67 miliar)

Antoine Griezmann memperpanjang kontrak sepatunya dengan Puma hingga 3,5 juta pounds (Rp 67 miliar) per tahun pada 2015. Pada saat itu juga dirinya menjadi superstar global - meninggalkan Atletico Madrid ke Barcelona dalam kesepakatan senilai sekitar 108 juta pounds (Rp 2,09 triliun), meskipun sekarang dia kembali ke ibu kota Spanyol.

Pada 2019, untuk merayakan 10 tahun Griezmann bersama Puma, mereka merilis sepatu spesialnya - edisi terbatas Future 4.1 NETFIT Grizi dengan harga 229 pounds (Rp 4,4 juta). Dia adalah salah satu pemain utama Puma sampai Neymar datang.

8. Paul Pogba, 3 juta pounds (Rp 58 miliar)

Gelandang Manchester United itu hanya berharga 3 juta pounds (Rp 58 miliar) per tahun, yang dibayar Adidas kepada pemain berpaspor Prancis tersebut. Dia tidak hanya muncul di hampir setiap iklan TV yang dibawakan merek ke layar kita, dia juga ada di setiap poster yang mengiklankan sepatu bot Predator terbaru.

Kontrak 10 tahunnya senilai sekitar 30 juta pounds (Rp 580 miliar) tidak akan berakhir hingga 2024. Pogba adalah sponsor Nike lain yang sangat ingin ditambahkan ke daftar mereka.

9. Marco Verratti, 2,5 juta pounds (Rp 48 miliar)

Kontrak gelandang PSG dengan Puma berakhir pada 2017, di mana Marco Verratti mengenakan sepatu bot Puma evoTOUCH dalam latihan.  Akhirnya, dia menandatangani kesepakatan besar dengan Nike - memasang sepasang Hypervenom Phantom III. Tidak diketahui berapa lama kesepakatan itu. Namun, harga 2,5 juta pounds (Rp 48 miliar) merupakan dana cukup besar.

10. Mohamed Salah, 2,5 juta pounds (Rp 48 miliar)

Penyerang Liverpool ini telah menjadi salah satu wajah paling berharga dalam permainan, terutama di Afrika dan Timur Tengah. Dia disponsori oleh Adidas, di samping kesepakatan yang menguntungkan dengan orang-orang seperti Pepsi dan Vodafone di Mesir.

Ketika melihat Mo Salah mengenakan sepatu bola X18, dan dibayar sangat baik untuk itu. Pemain sayap Liverpool itu menghasilkan 2,5 juta pounds (Rp 48 miliar) per tahun dari sponsor Adidas.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network