Peringkat 10 Pemain Tercepat Diusir Wasit di Liga Premier

"Sulit membayangkan jika kartu merah cepat diberikan kepada pemain Liga Indonesia."

Analisis | 06 January 2022, 07:42
Peringkat 10 Pemain Tercepat Diusir Wasit di Liga Premier

Libero.id - Pada pertandingan antara Chelsea dan Liverpool, Minggu (2/1/2022), Sadio Mane mendapatkan kartu kuning dalam waktu enam detik sejak peluit panjang dibunyikan karena melanggar Cesar Azpilicueta.

Konteksnya adalah ketika kick-off, Mane langsung melesat maju untuk berduel bola udara dengan Azpilicueta. Lalu, pemain asal Senegal itu menyikut Azpilicueta. Kemudian, Thomas Tuchel menilai Mane seharusnya mendapat kartu merah karena pelanggaran tersebut sangat berbahaya.

Seandainya dikeluarkan dari pertandingan yang berkahir 2-2 itu, Mane bisa menjadi pemain yang mendapatkan kartu merah tercepat dalam sejarah Liga Premier.

Nah, berikut ini peringkat 10 momen kartu merah tercepat yang pernah diberikan di sepakbola wasit kepada pemain Liga Premier:

10. Zoltan Gera (3 menit 15 detik)

Gelandang serang Hungaria, Zoltan Gera, membuat 86 penampilan untuk Fulham selama tiga tahun. Tapi, dia tampaknya harus melupakan pertandingan kandang The Cottagers ketika melawan Arsenal pada 22 Mei 2011.

Masuk pada menit 72 untuk menggantikan Bobby Zamora, Gera hanya menghabiskan 195 detik di lapangan sebelum akhirnya di kartu merah setelah melakukan sepakan dua kaki yang ceroboh terhadap pemain Arsenal, Thomas Vermaelen.

9. Kevin Mirallas (2 menit 16 detik)

Dengan dua menit tersisa untuk dimainkan, Kevin Mirallas dimasukkan sebagai pemain pengganti dalam upaya terakhir untuk mencetak gol kemenangan saat Everton melakukan perjalanan tandang ke Swansea City pada 2015. Mirallas berada di lapangan selama lebih dari dua menit sebelum dia melakukan tekel keras kepada Modou Barrow di pergelangan kakinya. Itu jelas kartu merah.

8. Juan Foyth (2 menit 15 detik)

Perjalanan tandang Tottenham ke Bournemouth pada 2019 adalah salah satu yang ingin dilupakan fans. Saat itu, Spurs bermain dengan sembilan orang dan menyerah pada kekalahan 0-1.

Son Heung-min adalah pemain pertama yang diusir keluar lapangan karena melakukan tindak kekerasan. Dan, tidak lama kemudian pemain asal Korea Selatan itu disusul oleh bek yang baru masuk, Juan Foyth, yang baru berada di lapangan selama 135 detik.

Craig Pawson adalah wasit yang bertanggung jawab. Dia memiliki pandangan penuh tentang apa yang dianggap sebagai tindakan sembrono Foyth terhadap Jack Simpson.

7. David Meyler (1 menit 55 detik)

Wasit Kevin Friend telah memberikan 32 kartu merah selama memimpin Liga Premier. Yang menarik, tiga dari kartu itu datang ketika Sunderland menghadapi Portsmouth pada 2010. Pemain Sunderland, Lee Cattermole dan David Meyler, diusir keluar lapangan selama pertandingan.

Uniknya, Meyler hanya berada di lapangan selama 115 detik. Saat itu, dalam upaya memenangkan duel  bola udara, Meyler menyikut kepala Steve Finnan.

6. Tim Flowers (1 menit 35 detik)

Pada 1995, kiper Blackburn Rovers, Tim Flowers, dianugerahi kartu merah hanya dalam 95 detik saat melawan Leeds United. Momen itu terjadi ketika dia hendak mengamankan bola jauh yang mengarah ke striker Leeds United, Brian Deane. Tapi, setelah melakukan sepakan ke bola, Flowers justru melalukan gerakan tambahan dengan menendang punggung Deane.

5. Gareth McAuley (1 menit 29 detik)

Kembali pada 2015, bek West Brom, Gareth McAuley, menjadi pemain Liga Premier kedua yang secara keliru dikeluarkan dari lapangan. Selama perjalanan ke Etihad Stadium, wasit Neil Swarbrick bermaksud untuk mengusir rekan setim McAuley, Craig Dawson, karena sebuah pelanggaran yang menggagalkan peluang pemain Manchester City, Wilfred Bony untuk mencetak gol.

Sebaliknya, Swarbrick secara keliru menunjukkan kartu itu kepada McAuley setelah awalnya dianggap bahwa bek itu mengatakan sesuatu kepada wasit untuk menjamin pengusirannya dari lapangan. Swarbrick kemudian meminta maaf atas kesalahannya, dan kartu tersebut dipindahkan ke Dawson.

4. Andreas Johansson (1 menit 28 detik)

Pertandingan terakhir Arsenal di Highbury pada 2006 dikenang oleh penggemar dengsn hattrick Thierry Henry dan penampilan terakhir Dennis Bergkamp. Tapi, banyak yang tidak tahu bahwa pertandingan ini juga memiliki salah satu kartu merah tercepat dalam sejarah Liga Premier dengan bek Wigan Athletic, Andreas Johansson, berada di lapangan selama 88 detik.

Setelah masuk untuk mempertahankan tendangan bebas di depan gawangnya, pemain Swedia itu menjatuhkan rekan senegara, Freddie Ljungberg, di dalam kotak terlarang. Itu kartu merah dan penalti. Henry sangat senang mengonversi tendangan penalti untuk mencetak gol ketiganya sore itu.

3. Keith Gillespie (1 menit 26 detik)

Pada 2007, pemain sayap Sheffield United, Keith Gillespie, mendapat kartu merah beberapa saat setelah masuk sebagai pemain pengganti saat melawan Reading. Dalam pandangan penuh wasit, Mark Halsey, Gillespie menyikut wajah Stephen Huntndengan sengaja.

2. Dave Kitson (47 detik)

Pada musim yang sama, pemain Reading, Dave Kitson, langsung dikeluarkan dari lapangan karena melakukan tekel sadis terhadap pemain Manchester United, Patrice Evra, hanya 47 detik setelah masuk sebagai pemain pengganti di Old Trafford.

1. Steven Gerrard (38 detik)

Legenda Liverpool Steven Gerrard memenangkan sembilan trofi selama bermukim di Anfield dan dianggap sebagai salah satu gelandang terhebat yang pernah bermain di Liga Premier.

Namun, pada 2015, kapten Liverpool terlibat dalam insiden yang membuatnya hanya berada di lapangan selama 38 detik setelah  masuk sebagai pemain pengganti melawan MU. Liverpool tertinggal satu gol dalam pertandingan itu, dan sang kapten menendang kaki Ander Herrera.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network