7 Murid Marcelo Bielsa yang Bisa Jadi Pelatih Leeds United Selanjutnya

"Dikenal sebagai Bielsistas, ini mirip dengan Cruyffian. Siapa saja mereka? Ini daftarnya."

Analisis | 04 January 2022, 12:33
7 Murid Marcelo Bielsa yang Bisa Jadi Pelatih Leeds United Selanjutnya

Libero.id - Sebuah klub sepakbola idealnya bukan hanya memiliki regenerasi pemain, melainkan juga pelatih. Ini demi keberlanjutan filosofi dan gaya permainan klub. Contohnya, Barcelona dengan Johan Cruyff, Pep Guardiola, Luis Enrique, dan kini Xavi Hernandez.

Cara Barcelona ketika menentukan pelatih yang wajib satu aliran tampaknya mulai ditiru Leeds United. Dengan Marcelo Bielsa yang dianggap sukses menanamkan karakter, The Whites mulai berpikir mencari murid-murid El Loco sebagai suksesor di masa depan.

Beruntung, Leeds tidak perlu pusing mencari penerus Bielsa pada suatu saat nanti. Pasalnya, pelatih asal Argentina tersebut sangat berpengaruh di kampung halamannya. Dia telah menghasilkan "sekolah pelatih" yang disebut sebagai Bielsistas. Mereka adalah pelatih-pelatih yang menerapkan metode ala El Loco.

Siapa saja mereka? Berikut ini 7 pelatih sepakbola yang dianggap sebagai anak didik ideologis Bielsa:

1. Hernan Crespo

Pada masanya, Hernan Crespo menjadi pesepakbola brilian. Sekarang, dia menjadi pelatih yang baik dan telah memenangkan trofi bersama Defensa y Justicia di tanah kelahirannya Argentina, serta bersama raksasa Brasil, Sao Paulo.

Setelah sukses pada awal karier di Sao Paulo, Crespo memang mengalami beberapa masalah. Dia pergi dengan kesepakatan bersama pada Oktober 2021, yang berarti dia saat ini tersedia untuk bekerja di Elland Road sewaktu-waktu. Pindah untuk mengambil pekerjaan pelatih klub Eropa pertamanya di Leeds akan menjadi langkah besar.

2. Carlos Corberan

Carlos Corberan bukan orang Argentina. Dia berasal dari Spanyol. Tapi, dia menjadi murid Bielsa langsung saat menukangi Leeds United U-23 pada 2017-2020. Saat itu, Corberan ikut membantu El Loco di tim utama, khususnya memberi masukan pemain-pemain muda yang layak naik kelas.

Pada 2020, Corberan mengatakan kepada Coaches' Voice bahwa membantu Bielsa adalah hal yang membanggakan. "Bekerja dengan Marcelo adalah kesempatan sekali seumur hidup. Ketika orang bertanya kepada saya bagaimana rasanya bekerja dengannya, selalu ada sesuatu yang saya tekankan. Dengan Marcelo, anda hanya bisa belajar," ujar Corberan.

"Dia mempertanyakan dan menganalisis segalanya hingga tingkat mikroskopis, dan itu meningkatkan perkembangan anda. Itu adalah pengalaman yang luar biasa. Di level olahraga, kami akhirnya berhasil meraih promosi kembali ke Liga Premier. Pada tingkat pribadi, itu adalah dua tahun pembelajaran yang luar biasa bagi saya," tambah Corberan.

Sejak hengkang untuk menjadi pelatih di Huddersfield, Corberan tidak menjalani semuanya dengan mudah. Pada musim 2020/2021, The Terriers nyaris terjatuh. Tapi, pada 2021/2022, segalanya telah meningkat pesat dan Huddersfield duduk di tempat play-off Championship.

Corberan akrab dengan manajemen dan staf Leeds. Dia tahu sepakbola Inggris dan telah bekerja erat dengan Bielsa. Jadi, Corberan akan menjadi pengganti yang tepat.

3. Jorge Sampaoli

Seperti Bielsa, Sampaoli adalah mantan pelatih tim nasional. Dia bekerja untuk Argentina dan Chile. Dia adalah pelatih "Bielsismo" paling berprestasi, meski gagal sata memimpin Lionel Messi dkk di Piala Dunia 2018.

Namun, Sampaoli telah membangun kembali reputasinya dengan Santos dan Atletico Mineiro di Brasil sebelum pindah ke Marseille pada musim panas 2021. Dia mengikuti jejak Bielsa dengan membawa Marseille memainkan sepakbola yang menggembirakan. Jika Leeds bisa menggodanya pergi, dia akan sangat cocok.

4. Sebastian Beccacece

Jika Leeds tidak bisa menggoda Sampaoli, mereka bisa mengejar mantan asistennya, Sebastian Beccacece. Pelatih asal Argentina berusia 41 tahun itu tidak pernah bermain secara profesional. Dia langsung menjadi pelatih dan bergabung dengan Sampaoli pada 2003, saat usianya masih 23 tahun.

Dia membantu Sampaoli sebagai asisten di sejumlah klub dan timnas. Dia juga telah melakukan pekerjaan yang baik sebagai pelatih kepala, terutama di klub Buenos Aires, Defensa y Justicia.

5. Javier Torrente

Sebuah nama yang relatif kurang dikenal. Tapi, status Javier Torente sebagai murid Bielsa tidak terbantahkan. Pria asli Rosario ini adalah pelatih yang sering bepergian. Dia telah memimpin lebih dari 12 klub sejak memulai sebagai pelatih kepala pada 2007, termasuk tugas di Newell's Old Boys tempat asal Bielsa.

Sepanjang kariernya, Torrente pernah menjabat sebagai asisten Bielsa di Atlas, Velez Sarsfield, Espanyol, Argentina, dan Marseille. "Stempel Bielsa, seperti yang dikatakan tentang kita semua yang telah bekerja dengannya," tulis pelatih asal Argentina itu dalam kolom Coaches' Voice.

Pelatih berusia 52 tahun itu saat ini menjalani pekerjaan kepelatihan pertamanya di Eropa. Dia bertanggung jawab atas FC Beerschot di Belgia.

6. Gabriel Heinze

Mengabaikan tugas terakhir Gabriel Heinze yang memalukan di Atlanta United ketika gagal meniru kesuksesan rekan senegaranya Gerardo Martino dan dipecat setelah hanya 13 pertandingan, mantan full back Manchester United itu terlihat sebagai pelatih yang menjanjikan.

Kembali ke Argentina, pelatih muda itu memimpin Argentinos Juniors promosi ke kasta tertinggi. Dia juga dua kali membawa Velez Sarsfield ke Copa Sudamericana. Heinze telah berbicara dalam banyak kesempatan tentang rasa hormat dan kekagumannya kepada Bielsa, yang memberinya debut Argentina pada 2003.

7. Gerardo Martino

Gerardo Martino, bersama orang-orang seperti Mauricio Pochettino dan Eduardo Berizzo, adalah anggota kunci Bielsa yang memenangkan gelar Argentina di awal 1990-an. Dan, sebagai pelatih, Martino telah mengambil beberapa ide Bielsa, meski mengadaptasinya ke dalam pendekatan yang lebih pragmatis dan terukur.

Saat ini, mantan pelatih Barcelona itu bertanggung jawab atas timnas Meksiko. Dia juga sempat menikmati kesuksesan besar di tim MLS yang baru dibentuk Atlanta United antara 2016 dan 2018.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Leeds United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network