Peringkat 10 Pencetak Gol Terbanyak di Fase Grup Liga Champions

"Nomor 9 paling loyal bersama satu klub."

Analisis | 09 December 2021, 13:10
Peringkat 10 Pencetak Gol Terbanyak di Fase Grup Liga Champions

Libero.id - Liga Champions telah menghasilkan banyak momen menarik dalam sejarah yang gemilang. Keseruan kompetisi ini bukan semata adu kuat antarklub dari masing-masing Liga, tapi juga pertarungan antarstriker dalam mencetak gol.

Sepanjang kompetisi ini berlangsung, sejumlah striker telah meninggalkan jejak bersejarah mereka. Tentu dalam hal mencetak gol, dan mereka sering memanfaatkan fase grup sebagai kesempatan mencetak banyak gol. Momen ini lantaran mereka cenderung bertemu dengan klub-klub medioker.

Liga Champions dimulai dengan babak penyisihan grup yang terdiri dari empat tim dalam delapan grup berbeda. Karena beberapa tim di babak penyisihan grup tidak berkelas, pemain dapat dengan mudah meningkatkan jumlah gol mereka.

Pada catatan ini, mari kita lihat 10 peringkat pencetak gol terbanyak di fase grup Liga Champions.

10. Sergio Aguero (32 gol)

Sergio Aguero telah menjalani 2021 yang penting. Legenda Manchester City itu tidak disukai di Stadion Etihad setelah bergabung dengan Barcelona, walau menjuarai Copa America bersama timnas Argentina. Dia dilaporkan pensiun karena kondisi jantung.

Namun, sepanjang kariernya, pemain Argentina itu telah mencetak 32 gol dalam 56 pertandingan penyisihan grup Liga Champions. Secara keseluruhan, dia mengantongi 41 gol dalam 79 penampilan di Liga Champions, yang sebagian besar datang bersama Manchester City.

Aguero akan turun sebagai salah satu striker terbaik dalam sejarah Liga Premier. Dia memecahkan beberapa rekor mencetak gol dan memenangkan lima gelar liga bersama The Citizens. Sementara di Liga Champions, dia hanya bisa membawa pulang medali runner-up.

9. Alessandro del Piero (33 gol)

Alessandro del Piero memenangkan Liga Champions 1995/1996 bersama Juventus dan mencetak enam gol selama penampilannya musim itu. Dia juga memenangkan setengah lusin gelar Serie A bersama Nyonya Tua.

Del Piero mencetak 33 gol di fase grup Liga Champions. Dia mencetak total 42 gol dalam 89 pertandingan Liga Champions selama waktunya di Juventus. Penyerang tengah asal Italia itu adalah satu-satunya pemain di sini yang hanya mewakili satu klub di Liga Champions.

Dia adalah penyerang serbaguna dengan kemampuan teknis yang hebat. Meskipun sebagian besar digunakan sebagai striker sekunder, dia tetap menjadi salah satu pencetak gol terbanyak untuk Italia bersama Juventus di Serie A. Dia juga menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions (10 gol) di musim 1997/1998.

8. Zlatan Ibrahimovic (38 gol)

Zlatan Ibrahimovic masih kuat di Liga Champions, meski sudah berusia 40 tahun. Pemain asal Swedia itu telah mewakili banyak klub di Liga Champions dan telah berpartisipasi dalam turnamen sejak pergantian milenium. Dia telah mencetak 38 gol dalam 83 pertandingan penyisihan grup.

Striker Milan itu memiliki rasio gol untuk permainan terburuk (0,45) di antara para pemain yang berhasil mencapai 10 besar. Meskipun dia telah bermain untuk enam tim berbeda di Liga Champions, termasuk Barcelona, PSG, dan Juventus, trofi yang didambakan sepertinya menjauh darinya.

Ibrahimovic adalah salah satu pesepakbola aktif yang paling berprestasi. Dia telah mencetak gol di masing-masing dari empat dekade terakhir. Pencetak gol terbanyak Swedia itu telah menjadi striker klinis ke mana pun dia pergi.

7. Thierry Henry (38 gol)

Thierry Henry juga telah mencetak 38 gol di fase grup Liga Champions. Namun, peringkatnya lebih tinggi karena dia telah memainkan lebih sedikit pertandingan (76) daripada Ibrahimovic. Henry secara luas dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik abad ke-21, dan rekor golnya secara faktual sesuai dengan pernyataan itu.

Pemain Prancis itu mewakili Monaco, Arsenal, dan Barcelona di Liga Champions dan mencetak gol selama setengah abad. Sebagai bagian integral dari skuad Invincibles Arsenal, Henry hanya bisa memenuhi dahaga Liga Champions ketika dia memenangkan trofi bersama Barcelona.

6. Ruud van Nistelrooy (50 gol)

Ruud van Nistelrooy mencetak 50 gol di penyisihan grup Liga Champions, sebuah lompatan besar dari yang terbaik sebelumnya dengan 38 gol. Gol mantan bintang Manchester United untuk rasio permainan 0,83 sangat terpuji.

“The Ruud Devil” memenangkan tiga penghargaan pencetak gol terbanyak Liga Champions (tertinggi keempat) di awal 2000-an. Rekor keseluruhannya dari 56 gol dalam 73 pertandingan patut dicontoh. Dia akan berada di atas sana dengan pencetak gol Liga Champions terkemuka jika dia memainkan banyak pertandingan seperti yang dimiliki Messi dan Ronaldo.

Meskipun memiliki rekam jejak yang luar biasa, dia tidak pernah berhasil mendapatkan trofi Liga Champions. Pesepakbola yang beralih menjadi pelatih ini telah memenangkan lima gelar liga secara total selama menjalankan tugas dengan PSV, Manchester United, dan Real Madrid.

5. Raul (53 gol)

Raul Gonzalez memiliki sejarah di Liga Champions. Legenda Real Madrid itu adalah pencetak gol terbanyak dalam kompetisi, tempat sebelum Cristiano Ronaldo tiba di Madrid. Ronaldo tak hanya merebut nomor punggung 7 milik Raul, tapi juga beberapa rekornya.

Raul tetap menjadi salah satu pencetak gol paling terkenal dalam sejarah Liga Champions, setelah mencetak 71 gol dalam dua kali lipat jumlah pertandingan. 53 gol dari serangan itu dilakukan di babak penyisihan grup kompetisi.

Pemain Spanyol itu adalah pencetak gol terbanyak Liga Champions selama dua musim berturut-turut pada 1999-2000 (bersama) dan 2000-2001. Secara keseluruhan, dia adalah pencetak gol terbanyak kelima di Liga Champions. Dia memainkan peran penting dalam tiga dari 13 kemenangan Real Madrid di Liga Champions.

4. Karim Benzema (56 gol)

Karim Benzema baru-baru ini melewati Raul dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa dan juga mengalahkan legenda Los Blancos tersebut. Pemain asal Prancis, yang tampak segar kembali dalam beberapa musim terakhir, telah mencetak 56 gol dalam 79 penampilan di fase grup.

Nomor punggung 9 Real Madrid itu memiliki rekor hebat di kompetisi kontinental Eropa. Dia telah memenangkan Liga Champions empat kali, mencatatkan 76 gol dan 28 assist dalam prosesnya. Benzema memiliki beberapa masalah di luar lapangan, terutama dengan Valbuena dan Giroud.

Namun, itu tidak mempengaruhi penghitungan golnya. Pada usia 33, mantan striker Lyon itu mempertahankan statusnya sebagai salah satu penyerang terbaik di Eropa.

3. Robert Lewandowski (56 gol)

Seperti Benzema, Robert Lewandowski juga telah mencetak 56 gol di fase grup Liga Champions. Namun, rasio gol per laga lebih sedikit dibandingkan Benzema. Hal itu memastikan Lewandowski menggeser bintang Real Madrid tersebut dalam daftar ini.

Lewandowski tampaknya semakin baik seiring bertambahnya usia. Penembak jitu Polandia itu telah memberikan kontribusi yang layak untuk Ballon d'Or bersama Bayern Muenchen selama beberapa musim terakhir. Dia telah mencetak 0,918 gol per pertandingan penyisihan grup, yang merupakan rasio terbaik kedua.

Lewandowski mencetak 15 gol dalam kampanye Liga Champions 2019/2020 dan membawa Bayern Munich meraih trofi keenam mereka. Setelah mencetak sembilan gol, dia berada di jalur yang tepat untuk menyelesaikan musim berikutnya sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions.

2. Cristiano Ronaldo (73 gol)

Cristiano Ronaldo hanya kekurangan dua penampilan dari 100 penampilan penyisihan grup Liga Champions. Namun, dia telah mencetak 73 gol. Pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa (140 gol) terkenal karena penampilannya di babak sistem gugur. Namun, dia juga memiliki rekor yang lebih baik di babak penyisihan grup.

Ronaldo memiliki rekor fenomenal di Liga Champions. Dia adalah pencetak gol terbanyak tujuh kali dalam kompetisi dan telah memenangkan trofi Liga Champions pada sebanyak 5 kali.

Dia adalah pemain keempat dalam daftar ini yang telah mewakili Real Madrid, menunjukkan dominasi kontinental mereka. Pemain timnas Portugal ini memegang rekor gol terbanyak dalam sejarah sepakbola, khususnya gol di Liga Champions, dan gol internasional terbanyak.

Kemampuan bawaannya untuk mengalahkan kiper berkali-kali telah membuatnya mendapatkan lima penghargaan Ballon d'Or.

1. Lionel Messi (76 gol)

Lionel Messi adalah pencetak gol terbanyak di babak penyisihan grup Liga Champions dengan 76 gol. La Pulga hanya membutuhkan 81 pertandingan untuk mencapai angka itu, dengan rata-rata rasio gol per laga 0,938 yang spektakuler. Dua gol tadi malam melawan Club Brugge semakin meninggalkan jauh jumlah gol Ronaldo di fase grup.

Messi bergabung dengan PSG dan telah mencetak lima gol bersama Les Parisiens di babak grup Liga Champions musim ini. Sebanyak 71 gol tersisa datang dengan seragam Barcelona, membuatnya mendapatkan enam mahkota pencetak gol terbanyak di Liga Champions.

Pemenang Liga Champions empat kali itu tertinggal 15 gol dari rekor keseluruhan Ronaldo. Namun, dia berhasil mengalahkan legenda Portugal itu dalam hal gol di fase grup, mencetak hampir sekali setiap pertandingan. Messi masih kuat dan terlihat bersemangat untuk mencetak lebih banyak gol.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network