Di Usia 21 Tahun, Siapa yang Lebih Hebat? Haaland, Messi, atau Ronaldo

"Bagaimana jika menilai pemain hanya di usia mudanya? Siapa yang terbaik?"

Analisis | 27 July 2021, 19:39
Di Usia 21 Tahun, Siapa yang Lebih Hebat? Haaland, Messi, atau Ronaldo

Libero.id - Erling Braut Haaland meraih kejayaanya pada usia 21 tahun. Apa yang dicapai striker Norwegia itu sungguh mengejutkan dan rasanya setiap klub di dunia ini ingin mendapatkan tanda tangannya.

Entah itu mencetak sembilan gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia U-20 atau tampil mengesankan di Liga Champions bersama Red Bull Salzburg, Haaland selalu terlihat sangat berbakat.

Namun, kepindahan ke Borussia Dortmund pada musim dingin 2020 benar-benar mendorong anak Alf-Inge Haaland tersebut ke dalam daftar belanja klub-klub elite Eropa. Dia telah membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik di level tertinggi sepakbola dunia.

Tidak heran jika seorang pemain seusia Haaland  dapat mengklaim rekor mencetak gol sebanyak 57 gol hanya dalam 59 penampilan di klub sebesar Dortmund. Dan, itu membuat banyak penggemar menyebut Haaland bersama Kylian Mbappe akan mengangkat gelar Ballon d'Or di masa depan, sebagai pewaris sah takhta Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Sejujurnya, tidak mungkin untuk memprediksi masa depan dalam sepakbola dengan hanya berlandaskan statistik. Tapi, jika melihat apa yang telah Haaland kerjakan dalam karir profesional sejauh ini, hal tersebut benar-benar hebat.

Karena itu, Marca mencoba untuk membandingkan statistik Haaland di usia 21 tahun dengan beberapa pesepakbola terhebat sepanjang masa. Di usia itu, Haaland sudah mengoleksi 113 gol untuk klub dan negara dalam 164 pertandingan. Dia juga telah memenangkan dua Piala OFB, dua gelar Bundesliga Austria, dan juara DFB-Pokal.

Ini adalah pencapaian mencengangkan, yang tidak dapat ditandingi oleh Messi maupun Ronaldo ketika berusia 21 tahun. Duo megabintang tersebut masing-masing hanya membukukan 51 dan 36 gol tim utama pada usia yang sama. Dengan kata lain, Messi dan Ronaldo datang terlalu awal sehingga tidak bisa menyamai karier kilat Haaland dalam sepakbola profesional.

Secara statistik, total gol Haaland pada usia 21 tahun masih bisa dikalahkan oleh Mbappe yang telah mencetak 118 gol untuk AS Monaco, PSG, dan Prancis. Tapi, tak satu pun dari bintang-bintang kontemporer itu yang dapat melampaui catatan 282 gol Pele ketika berusia 21 tahun.

Terlepas dari apakah Pele benar-benar memiliki 200 gol atau 2.000.000 gol ketika seusia Haaland, faktanya adalah bahwa pemain Dortmund itu membukukan angka yang bersejarah.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network