Bukan Poin FIFA, Hal ini Bikin Laga Lawan Palestina Penting untuk Timnas Indonesia

"Ada misi yang dikejar, yang bukan soal poin atau peringkat FIFA. Apa itu?"

Analisis | 14 June 2023, 08:03
Bukan Poin FIFA, Hal ini Bikin Laga Lawan Palestina Penting untuk Timnas Indonesia

Libero.id - Timnas Indonesia akan menjalani FIFA Matchday melawan timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6/2023) malam. Pertandingan ini penting bagi pasukan Garuda. Bukan soal poin dan peringkat FIFA, melainkan ada hal yang jauh lebih fundamental.

FIFA Matchday edisi Juni 2023 akan dijalani Indonesia dengan pertandingan di Surabaya versus Palestina dan Jakarta kontra Argentina.

Saat ini Palestina berada di peringkat 93 FIFA. Sementara Indonesia menempati posisi 149 FIFA. Jika menang, Indonesia akan mendapatkan poin yang cukup signifikan dan berpotensi naik ke peringkat. Begitu pula jika mendapatkan skor imbang.

Namun, bukan itu yang penting dijalani Indonesia melawan Palestina. Faktanya, Mohammed Rashid dkk bisa menjadi lawan untuk menguji kekuatan timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pasalnya, Indonesia akan tergabung bersama salah satu tim Timur Tengah, yaitu timnas Irak.

Pada Piala Asia di Qatar pada Januari 2024, Indonesia masuk Grup D. Isinya, Jepang, Irak, dan Vietnam. Semuanya berada di atas Indonesia berdasarkan rangking FIFA. Jadi, bertemu dengan lawan yang punya karakter mirip salah satu calon lawan di Piala Asia 2023 harus dimanfaatkan dengan baik.

"Palestina adalah salah satu yang baik dalam ranking FIFA. Mereka di atas kita sekitar 50 peringkat. Di Piala Asia pasti akan bertemu dengan kualitas seperti tim Palestina," ujar Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers sehari sebelum pertandingan, dilansir situs PSSI.

"Semoga kami bisa lebih baik dari Palestina. Melawan Palestina supaya bisa melihat tingkat tim kita seperti apa sekarang. Kami akan melakukan permainan total sabar," tambah pelatih asal Korea Selatan.

Menurut Shin Tae-yong, Palestina punya kelebihan yang bisa menjadi ujian buat timnas Indonesia. Jadi, para pemain harus bisa mengantisipasi jika mau mendapat hasil bagus melawan Palestina. Ini bisa jadi pelajaraan saat bertemu Irak di Qatar.

"Permainan Palestina punya power, sangat baik. Kami juga mempersiapkan dengan baik. Apalagi main di home, sehingga akan semaksimal mungkin. Jadi, mohon kepada fans untuk memberikan dukungan penuh," ungkap Shin Tae-yong.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network