Setelah 32 Tahun, Inilah Saatnya Medali Emas SEA Games Kembali ke Indonesia

"Kuncinya, main lepas dan tanpa beban. Setuju?"

Analisis | 16 May 2023, 06:05
Setelah 32 Tahun, Inilah Saatnya Medali Emas SEA Games Kembali ke Indonesia

Libero.id - Timnas Indonesia U-22 harus bermain lepas menghadapi timnas Thailand U-22 pada pertandingan final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB. Pasalnya, Indonesia sudah menunggu 32 tahun untuk memenangkan pesta olahraga Asia Tenggara.

Pertandingan puncak SEA Games 2023 mempertemukan Indonesia U-22 vs Thailand U-22. Ini adalah final ideal SEA Games di Kamboja.

Fakta menunjukkan, dari 23 kali pertemuan, Garuda Muda meraih lima kemenangan. Momen itu terjadi pada SEA Games 1979, SEA Games 1989, SEA Games 1991, SEA Games 2011, dan SEA Games 2019. Sementara Thailand meraih 16 kemenangan dan 2 kali imbang.

"Saya mau mengucapkan terima kasih pada Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan jajaran Exco yang telah mempercayakan dan menunjuk kami untuk diberikan tanggung jawab menangani tim SEA Games," ujar Indra Sjafri di situs resmi PSSI.

"Yang kedua, tentu dukungan Pemerintah, Kemenpora, KOI, KONI, dan kerja baik dari CdM yang menyiapkan lapangan yang sangat fantastik untuk persiapan-persiapan kita selama di sini. Terima kasih kepada klub tempat pemain berasal," tambah Direktur Teknik PSSI tersebut.

Sejarah mencatat, medali emas terakhir Indonesia terjadi pada SEA Games 1991. Itu juga kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final SEA Games. Saat itu, skornya 0-0. Lalu, Indonesia menang 4-3 melalui babak tos-tosan.

"Saya berharap dan kami sudah berkomitmen dengan para pemain memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita. Semua pemain, termasuk (Pratama) Arhan, dalam kondisi baik. Semua pemain tersebut siap bermain serta memberikan penampilan terbaik," ungkap Indra Sjafri.

Bertemu Thailand selalu tidak mudah. Buktinya, Indonesia pernah menelan kekalahan besar dari Thailand. Momen itu terjadi pada SEA Games 1985 ketika tim Merah-Putih menyerah 0-7. Dan, pada pertemuan terakhir, Indonesia kalah 0-1 pada semifinal SEA Games 2021.

"Terima kasih kepada para suporter, baik itu yang langsung ke Kamboja (maupun di Indonesia). Ini tanggung jawab kita bersama dan harus diselesaikan. Mudah-mudahan atas izin Allah, kita bisa mewujudkan keinginan kita. Sudah 32 tahun tidak medali emas," pungkas Indra Sjafri.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network