Haykal atau Dewangga? Analisis Pengganti Pratama Arhan di Final SEA Games 2023

"Ada 2 hal yang bisa diakukan Coach Indra untuk mengatasi masalah ini."

Analisis | 15 May 2023, 05:15
Haykal atau Dewangga? Analisis Pengganti Pratama Arhan di Final SEA Games 2023

Libero.id - Menghadapi final SEA Games 2023 melawan timnas Thailand U-22, Indra Sjafri harus mempersiapkan pengganti Pratama Arhan di sektor kiri timnas Indonesia U-22. Pilihannya, Alfeandra Dewangga atau Haykal Alhafiz.

Garuda Muda dijadwalkan menghadapi tim Gajah Perang pada pertandingan puncak SEA Games 2023. Ini akan menjadi momen bersejarah karena Indonesia sudah menunggu sangat lama untuk bisa mendapatkan kemenangan di SEA Games. Terakhir kali medali emas didapatkan 32 tahun lalu.

Namun, kekuatan timnas U-22 sedikit berkurang saat jumpa Thailand pada final di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam pukul 19.30 WIB.

Indra Sjafri dipastikan tanpa Pratama Arhan, yang mendapatkan kartu merah ketika Indonesia mengalahkan timnas Vietnam U-22 3-2 pada semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/5/2023). Ini berarti Coach Indra harus memutar otak untuk mencari pemain pengganti.

Ada dua kemungkinan. Pertama, mencari pemain pengganti Pratama Arhan. Kedua, mengubah skema dan taktik untuk mengatasi hilangnya fullback Tokyo Verdy tersebut.

Untuk skenario pertama, Indra Sjafri punya dua pemain yang bisa beroperasi di fullback kiri. Pertama, Haykal Alhafiz. Pemain baru PSIS Semarang itu tampil cukup bagus ketika dimainkan 90 menit melawan tuan rumah Kamboja. Yang menjadi kekurangan Haykal Alhafiz adalah jam terbang dan kualitas lawan.

Jika Indra Sjafri ragu pada Haykal Alhafiz, Alfeandra Dewangga bisa dimainkan di posisi itu. Rekan Pratama Arhan saat di PSIS Semarang itu dikenal serba bisa. Dewa sanggup main sebagai bek tengah, gelandang bertahan, dan fullback kiri. Dia terbiasa memainkan itu di PSIS Semarang maupun di timnas asuhan Shin Tae-yong.

Selain skenario pertama, Indra Sjafri juga bisa menggunakan skenario kedua. Itu adalah mengubah formasi dari 4-3-3 atau 4-2-3-1 menjadi 3-4-3 atau 3-5-2. Dengan tiga bek, posisi sayap bisa diberikan kepada gelandang. 

Tapi, tampaknya Indra Sjafri akan cenderung memilih opsi pertama. "Saya pikir regulasi tidak membolehkan (memainkan Pratama Arhan di final SEA Games 2023). Tapi, tim kami sedang baca regulasinya apakah ada pemutihan," ujar Indra Sjafri ketika menjawab pertanyaan kartu merah Pratama Arhan, di situs resmi PSSI.

Jika pada akhirnya Pratama Arhan absen, Indra Sjafri mengaku tidak cemas. Sebab, dia sudah memikirkan penggantinya. "Ada satu pemain lagi yang sudah saya siapkan," ucap Indra Sjafri.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network