Analisis Calon Lawan Indonesia di Semifinal dan Final SEA Games 2023

"Sikat Vietnam dulu, baru Thailand. Bisa!"

Analisis | 12 May 2023, 05:13
Analisis Calon Lawan Indonesia di Semifinal dan Final SEA Games 2023

Libero.id - Timnas Thailand U-22 dan timnas Vietnam U-22 telah menyelesaikan pertandingan terakhir Grup B SEA Games 2023. Hasilnya, Thailand akan menghadapi Myanmar dan Vietnam bertemu Indonesia. Ini akan menjadi pertandingan yang menarik bagi keempat semifinalis.

Indonesia menjadi pemuncak klasemen akhir Grup A setelah meraih kemenangan dalam empat pertandingan melawan Filipina, Myanmar, Timor Leste, dan Kamboja.

Sementara di Grup B, Thailand perkasa dengan memuncaki klasemen akhir lewat hasil imbang atas Vietnam pada pertandingan terakhir di Prince Stadium, Phnom Penh, Kamis (11/5/2023). Itu berarti Thailand akan mendapat lawan relatif ringan, yaitu Myanmar. Sedangkan Viernam berduel dengan Indonesia.

Selama di Kamboja, Thailand sukses mengalahkan Singapura 3-1, Malaysia 2-0, dan Laos 4-1, serta imbang 1-1 dengan Vietnam. Sementara Vietnam mempermalukan Laos 2-0, Singapura 3-1, Malaysia 2-1, dan imbang dengan Thailand 1-1.

Dengan hasil ini, Thailand akan menjadi tim yang berat dihadapi Indonesia di semifinal. Mereka juga punya pemain yang baru bergabung di laga melawan Vietnam karena kesibukan di Thai League 1 bersama Ratchaburi FC, Jonathan Khemdee. Pada SEA Games 2021, pemuda keturunan Denmark jadi provokator keributan lawan Indonesia.

Selain itu, Thailand juga bermain lebih kolektif, sebaran gol-gol Thailand cukup merata. Ada Teerasak Poeiphimai dan Yotsakorn Burapha. Ada juga Anan Yodsangwal, Purachet Thodsanit, dan Achitpol Keereerom.

Artinya, lebih baik bagi timnas U-22 asuhan Indra Sjafri untuk melawan Thailand di final. Pasalnya, pertandingan puncak sebuah event besar seperti SEA Games 2023 akan memiliki magis tersendiri. Di final, pemain akan habis-habisan. Pertandingan seperti ini terkadang tidak peduli dengan urusan teknis. Mentalitas terkadang jauh lebih penting.

Beda dengan Thailand, Vietnam relatif mengandalkan Nguyen Van Tung. Penyerang Ha Noi FC itu telah mencetak 4 gol dari 7 gol Vietnam. The Golden Star juga tidak setangguh Thailand.

Di atas kertas, Indonesia akan bisa mengalahkan Vietnam di semifinal. Dan, ini jauh lebih baik melawan pasukan Philippe Troussier di babak 4 besar dibanding menghadapi Thailand. Sebab, para pemain Indonesia sering nervous ketika jumpa Thailand dalam laga penentuan.

Selain itu, fisik pemain-pemain Vietnam mengendur setelah pertandingan yang keras dengan Thailand di laga terakhir Grup B. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network