Jika Jay Idzes Jadi Pemain Indonesia, Ini 3 Opsi Formasi Lini Pertahanan Skuad Garuda

"Jay Idzes sendiri bisa bermain di banyak posisi..."

Analisis | 10 April 2023, 16:25
Jika Jay Idzes Jadi Pemain Indonesia, Ini 3 Opsi Formasi Lini Pertahanan Skuad Garuda

Libero.id - Apabila bek keturunan Indonesia-Belanda, Jay Idzes, yang kini berkarier bersama Go Ahead Eagles di ajang Eredivisie 2022/2023, dinaturalisasi oleh PSSI, maka ada banyak opsi formasi di lini belakang Timnas Indonesia.

Hal ini disebabkan karena Jay Idzes merupakan sosok pemain multi-posisi. Artinya, ia bisa ditempatkan di sejumlah posisi. Jika dinaturalisasi PSSI, tentu Jay Idzes akan menambah opsi di lini pertahanan.

Sebelumnya, Jay Idzes memang sudah menyampaikan ketertarikannya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Sebab, dia memiliki darah Indonesia dari kakeknya.

"Aku terbuka untuk itu (proses naturalisasi). Akan tetapi, di satu sisi aku juga ingin berkarier di Belanda," ujar Jay Idzes di kanal Youtube Yussa Nugraha, Senin (10/4/2023).

"Di sisi lain aku juga ingin membela Timnas asal kakekku (Indonesia). Hal itu adalah suatu kehormatan," pemain Go Ahead Eagles ini menambahkan.

Jika Jay Idzes benar-benar dinaturalisasi, hal ini tentu akan menjadi hal yang spesial bagi Timnas Indonesia karena dia bisa menambah opsi formasi di lini belakang.

Berikut 3 opsi formasi lini pertahanan Timnas Indonesia apabila Jay Idzes benar-benar dinaturalisasi oleh PSSI.

1. Tiga Bek Sejajar: Jay Idzes-Jordi Amat-Elkan Baggott

Dengan skema tiga bek sejajar yang biasanya digunakan oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Jay Idzes tentunya bisa ditempatkan di mana saja.

Salah satu opsinya ialah memberikan posisi bagi Jay Idzes di bagian kanan untuk berduet dengan Jordi Amat (tengah), dan Elkan Baggott (Kiri).

Dengan formasi semacam ini, sektor lini pertahanan Timnas Indonesia akan unggul menghadapi duel udara karena ada dua pemain dengan postur di atas 190 cm. Namun, kelemahannya terletak pada kecepatan.

2. Gelandang Bertahan: Jay Idzes-Marc Klok

Jika Jay Idzes memiliki kemampuan bermain sebagai gelandang bertahan dan gelandang tengah, artinya dia juga mengantongi kapasitas untuk mendistribusikan bola.

Hal ini membuat bek berusia 22 tahun itu layak dipasang bersamaan dengan Marc Klok di lini tengah. Jay akan memberikan tambahan kekuatan di sektor ini.

Apalagi, dia juga biasa menjalankan tugas sebagai gelandang bertahan bersama klub-klubnya di Liga Belanda.

3. Bek Tengah: Jay Idzes-Rizky Ridho

Apabila menggunakan dua bek sebagai opsi variasi, Jay Idzes juga bisa bermain sebagai bek tengah bersama Rizky Ridho.

Dengan kombinasi ini, Rizky Ridho dan Jay Idzes bisa ditempatkan di mana saja. Artinya, keduanya bisa bertukar posisi, baik itu di kanan maupun kiri tergantung dengan kebutuhan di atas lapangan.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network