Main untuk Belanda dan Indonesia, Kasus Justin Hubner Mirip Jamal Musiala

"Tunjukan komitmen mu di awal Justin Hubner, Indonesia menunggu mu..."

Analisis | 21 March 2023, 09:54
Main untuk Belanda dan Indonesia, Kasus Justin Hubner Mirip Jamal Musiala

Libero.id - Calon pemain naturalisasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20, Justin Hubner buat heboh karena namanya ada dalam daftar skuad Timnas Belanda U-20 yang akan menjalani laga uji coba melawan Prancis U-20. Tentunya kabar tersebut membuat pencinta sepakbola Tanah Air bertanya-tanya, apakah Justin Hubner batal membela Timnas Indonesia?

Sebelumnya utusan PSSI yang mengurusi hal naturalisasi pemain, Hamdan Hamedan memberikan pernyataan yang cukup membuat masyarakat Indonesia pesimis terkait proses naturalisasi Hubner.

"Terakhir kali adalah saat saya mengurus Shyne Pattinama mendapat KTP dan berkomunikasi dengan Sekretariat Negara dan BIN, untuk mencoba mengakselerasi dokumen ketiga pemain U-20 ke DPR sebelum reses" ujar Hamdan Hamedan.

Meski begitu, kini Shin Tae-yong sendiri sudah menelpon langsung pemain muda Wolverhampton Wanderers tersebut.

"Bisa terjadi masalah seperti ini karena proses naturalisasi kurang cepat. Tapi saya telepon langsung Justin dua hari lalu, dia masih niat dan mau menjadi WNI," ujar Shin Tae Yong usai latihan Timnas Indonesia di Stadion PTIK, Senin (20/3).

Tapi seandainya pun Hubner tetap membela timnas muda Belanda dahulu juga tidak menjadi masalah karena banyak pemain hebat di masa mudanya membela negara kelahirannya untuk kemudian bermain di negara orang tua atau kerabatnya saat senior, misalnya saja dengan Jamal Musiala.

Eks pemain Chelsea itu terhitung telah membela Inggris serta Jerman di berbagai jenjang usia berbeda, yakni pada 2016-2017 dirinya bermain untuk timnas Inggris U-15, 2018 membela timnas Jerman U-16, kemudian kembali lagi membela timnas Inggris U-16, U-17 hingga U-21 dan terakhir secara resmi menjadi warga Jerman serta menjadi bagian timnas Jerman hingga detik ini.

Apa yang terjadi pada Hubner nanti ke depannya bisa saja seperti Musiala, bermain untuk 2 negara dan pada usia 20-an baru kemudian memilih negara serta timnas yang sesuai dengan dirinya.

Dalam hal ini tentunya Indonesia berharap Hubner mau jadi bagian Skuad Garuda dan DPR RI sendiri telah menyetujui proposal naturalisasi Hubner bersamaan dengan Rafael Struick, dan Ivar Jenner.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network