Apa Rahasianya? Vietnam U-20 Meningkat Pesat Sejak Dikalahkan Timnas U-20 Indonesia

"Beda sekali dengan Vietnam yang tampil di kualifikasi.."

Analisis | 06 March 2023, 22:36
Apa Rahasianya? Vietnam U-20 Meningkat Pesat Sejak Dikalahkan Timnas U-20 Indonesia

Libero.id - Tim nasional Vietnam U-20 mengejutkan Piala AFC U-20 2023. Tidak seperti saat Piala AFF U-19 2022 atau Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 ketika bertemu Indonesia, Vietnam yang sekarang benar-benar beda. The Young Golden Star tampak sangat dewasa, matang, dan punya daya juang tinggi. Apa rahasianya?

Vietnam hanya menjadi semifinalis di Piala AFF U-19 2022. Lalu, pada Kualifikasi Piala AFC U-20 2023, mereka juga menghadapi banyak kesulitan. Bahkan, dikalahkan timnas U-20 asuhan Shin Tae-yong 2-3.

Kekalahan dari Garuda Muda itu membuat Vietnam hanya menempati posisi kedua grup. Dan, mereka sangat beruntung menjadi satu dari sejumlah runner-up grup terbaik yang berhak tampil di Uzbekistan. Runner-up lainnya yang berstatus raksasa ASEAN, Thailand, harus gigit jari.

Namun, lihatlah Vietnam saat ini. Mereka hanya berganti nama dari Vietnam U-19 menjadi Vietnam U-20. Para pemain Vietnam U-19 yang dikalahkan Indonesia saat itu juga masih main di Vietnam U-20. Yang beda hanya pelatihnya. Dinh The Nam telah diganti Hoang Anh Tuan.

Hasilnya, luar biasa. Dimulai dari kemenangan 2-1 atas Arab Saudi pada pertandingan uji coba di Riyadh, Vietnam melanjutkan tren positif itu ke Piala AFC U-20 2023. Vietnam membuat kejutan dengan mengalahkan Australia 1-0 pada laga pertama Grup B. Lalu, giliran Qatar yang dikalahkan 2-1 lewat gol di menit 90. Gokil!

Lantas, apa yang membuat Vietnam U-20 bertranformasi lebih kuat? Dibandingkan beberapa bulan lalu, kekuatan Vietnam sebenarnya tidak terlalu berbeda. Masih ada Khuat Van Khang, Nguyen Van Truong, Nguyen Duc Viet, atau Nguyen Thanh Nhan

Yang sedikit lebih progresif adalah Hoang Anh Tuan melakukan perubahan taktik yang signifikan. Berbeda dengan Dinh The Nam yang menggunakan 4-3-3, Hoang Anh Tuan memilih 3-4-3 yang berubah menjadi 5-4-1 saat bertahan. Dengan tambahan satu bek tengah, lawan tertahan di lini tengah. 

Pergantian taktik itu diakui sendiri pelatih Australia, Trevor Morgan. Dia menyebut sempat mematai-matai Vietnam sebelum turnamen. Tapi, pergantian pelatih dari Dinh The Nam ke Hoang Anh Tuan benar-benar membuat Australia buta.

"Vietnam bermain bagus seperti biasa. Mereka sedikit mengejutkan saya dengan skema taktis. Dulu, mereka biasa bermain 4-3-3 atau 4-5-1. Tapi di sini (Piala AFC U-20 2023), mereka menggunakan formasi 5-4 -1," ujar Trevor Morgan, dilansir VN Express.

Kini, dengan dua kemenangan yang didapat, Vietnam U-20 dapat santai menghadapi pertandingan ketiga melawan Vietnam U-20. "Kunci kemenangan kami adalah disiplin. Inilah keunggulan Vietnam U-20. Kami mempelajari lawan dengan sangat hati-hati," ucap Hoang Anh tuan.

Kebugaran pemain-pemain Vietnam juga menjadi nilai tambah. Salah satu yang disoroti atas kekalahan dari Indonesia di babak kualifikasi adalah stamina. Saat itu, para pemain kehilangan kekuatan di akhir-akhir pertandingan. Saat itu, mereka membiarkan lawan mencetak skor secara beruntun. 

Tapi, di Uzbekistan, mereka masih bertahan setelah 90 menit, meski mendapat tekanan dari Australia. Bahkan, saat bertemu Qatar, gol kemenangan Vietnam melalui Nguyen Van Truong lahir lewat serangan balik cepat dari sayap pada penghujung pertandingan Itu di menit 90!

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network