5 Kandidat Pengganti Leo Messi Dianalisis dari Kemiripan Karakter Main

"Bruno Fernandes memiliki analisis kemiripan 77%. Tetapi ada yang 91%. Siapa?"

Analisis | 01 September 2020, 02:31
5 Kandidat Pengganti Leo Messi Dianalisis dari Kemiripan Karakter Main

Libero.id - Kabar mengenai kepindahan Lionel Messi makin terdengar jelas, apalagi hal itu meluncur langsung dari surat La Pulga, dia telah memberi tahu Barcelona tentang keputusannya untuk meninggalkan klub.

Tak ayal situasi ini bikin murung para Cules, banyak penggemar mungkin bertanya-tanya pemain mana yang dapat mengisi kekosongan atau lebih dari itu, pemain mana yang sebanding atau satu level dengan seorang Lionel Messi? Tak ada yang bisa menyangkal bahwa 'Bocah ajaib' Argentina itu masih dianggap sebagai pemain terbaik di dunia.

Marca berusaha mencari pesepakbola yang mungkin bisa menggantikannya di starting line-up Blaugrana.

Untuk melakukan itu, sebuah alat bantu bernama ScoutIT yang dikembangkan oleh seorang pakar teknologi bidang olahraga bernama Jesus Lagos mencoba untuk menganalisis disiplin dan gaya bermain seorang pesepakbola, berbagai parameter dipakai agar hasilnya seakurat mungkin.

Alat itu mencari  titik atau metrik yang paling mirip dan bisa mendefinisikan gaya bermain Messi dari segala aspek, mulai dari operan lebar yang berhasil diselesaikan, operan sukses, penalti yang dicetak, tendangan bebas tepat sasaran, dribel sukses, tembakan ke gawang, presisi dalam mengoper di sepertiga akhir, umpan vertikal yang sukses, dan lain seterusnya.

Poin lainnya, di Barcelona, megabintang Argentina itu memiliki kebebasan untuk bermain di posisi yang berbeda sepanjang pertandingan, hal ini akan menjadi penting karena alat tersebut tidak hanya mengukur dari kemiripan gaya bermain, tetapi juga dalam hal posisi yang ditempati, dan untuk alasan inilah, alat bantu analisis ScoutIT memilih pemain yang bermain sebagai  striker, second striker, winger, dan midfielder. Sesuai dengan posisi Messi yang selalu berganti.

Berdasarkan data bermain pesepakbola yang dihimpun selama musim 2019/20, sebagai hasilnya, ScoutIT telah memetakan 5 pesepakbola dengan gaya dan gairah bermain paling mirip dengan Leo Messi. Nama pertama jatuh kepada:

Neymar Jr - Paris Saint-Germain

Libero.id

Kredit: id.psg.fr

Penyerang Brazil berusia 28 tahun itu pada musim 2019-20 lebih baik dari pemain Argentina, dalam hal mencetak gol tetapi Neymar tidak bisa mengalahkan Leo Messi dalam hal assist.

Tetapi titik penilaianya ada pada gaya bermain Neymar yang hampir identik dengan Messi, namun dari sisi eksplorasi lapangan di berbagai area ScoutIT memberi point 14 persen.

Riyad Mahrez - Manchester City

Libero.id

Kredit: id.mancity.com

Mahrez menonjol karena kemampuannya memainkan umpan-umpan tajam tetapi gol dan jumlah assistnya tidak begitu banyak.

Pada titik tertentu punggawa Manchester City yang masuk nominasi Pesepakbola Terbaik Benua Afrika tahun 2019 ini  bisa menjadi pengganti yang cocok untuk Messi. Tingkat kemiripan bermain mereka berada pada angka 61 persen.

Berghuis - Feyenoord

Libero.id

Kredit: feyenoord.com

Mungkin banyak yang belum mengenal pemain sayap Feyenoord berusia 28 tahun ini, tetapi emas tetaplah emas, Berghuis memiliki metrik yang sangat mencolok dan dari pergerakan zona aksinya ScoutIT memasang angka 64 persen kemiripan dengan Messi. Berghuis adalah seorang finisher yang baik, rasio gol serta jumlah tembakan tepat sasaran yang tinggi.

Berghuis lebih baik dari Messi dalam hal tendangan bebas tepat sasaran, dia adalah pengumpan yang baik dan bisa menjadi pilihan yang murah dan menarik untuk Barcelona.

Bruno Fernandes - Manchester United

Libero.id

Kredit: manutd.com

Meskipun metriknya tidak terlalu mirip dengan Messi, tetapi Bruno Fernandes bergerak di sisi yang sama di mana Messi cenderung bergerak di lapangan.

Angka dribbling Bruno Fernandes juga identik dengan pemain Argentina itu. Akurasi umpan, tembakan ke muka gawang, sukses penalti  dan rasio asist seorang Bruno Fernandes mendekati angka 77 persen kemiripan.

Paulo Dybala – Juventus

Libero.id

Kredit: juventus.com

Bisa dibilang penyerang Juventus ini adalah pesepakbola yang paling mirip dengan Messi. Pemain Juventus berusia 26 tahun itu memiliki metrik yang sama dan bermain di area yang hampir sama di lapangan dengan rekan senegaranya. Angka kemiripan mereka mencapai 91 persen. Tak perlu penjelasan panjang lebar, cukup nyalakan televisi atau berselancar di internet, lihatlah cara Messi dan Dybala dalam melakukan atraksi.

Analis ScoutlT

Berkat alat bantu analis ScoutlT kita bisa mendapatkan gambaran pemain mana yang bisa menggantikan Messi di Barcelona, tetapi yang dari awal tidak ditekankan pada penilaian ini adalah analisis psikologis yang menyangkut emosi pemain. Lagi pula siapa yang dapat mendekati hubungan batin antara Messi dan Barcelona, yang sudah seperti anak dan orang tua itu?

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network