Dua Gol Nguyen Tien Linh Gagalkan Indonesia ke Final Piala AFF 2022

"Ini pemain yang punya spesialis cetak gol ke gawang Indonesia."

Analisis | 09 January 2023, 21:25
Dua Gol Nguyen Tien Linh Gagalkan Indonesia ke Final Piala AFF 2022

Libero.id - Tim nasional Indonesiadipastikan gagal melangkah ke final Piala AFF 2022 setelah dikalahkan Vietnam 0-2 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam. Dua gol Nguyen Tien Linh cukup membuat misi pasukan Garuda mencetak sejarah gagal direalisasikan.

Shin Tae-yong  hanya merotasi satu pemain untuk laga melawan Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Saddil Ramdani mengganti Rachmat Irianto.

Sisanya, sebanyak 10 pemain tetap dimainkan sebagai starting line-up seperti leg pertama semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Begitu pula dengan formasi tim Garuda yang tetap menggunakan 3-4-3, yang bisa berubah menjadi 5-4-1 atau 4-2-3-1.

Di belakang tetap ada trio Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Rizky Ridho. Mereka ditopang dua bek sayap yakni Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan. Di tengah Yakob Sayuri, Saddil Ramdani, Marc Klok, dan Marselino Ferdinan menjadi andalan Indonesia.

Sementara di lini depan Dendy Sulistyawan akan kembali menjadi ujung tombak, dengan Nadeo Argawinata tetap menjadi penjaga gawang.

Sayang, Indonesia harus menderita gol cepat di masing-masing babak. Dan, pelakunya sama, yaitu Nguyen Tien Linh. Dia mampu memanfaatkan kelengahan para pemain Indonesia ketika belum panas.

Bagi Nguyen Tien Linh, ini menjadi gol keempat ke gawang Indonesia di pertandingan senior. Dua gol lainnya diciptakan Nguyen Tien Linh saat Vietnam bertemu Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Gianyar maupun Dubai. Saat SEA Games 2021, dia juga mencetak satu gol ke gawang Indonesia.

Dengan hasil ini, misi Indonesia menjuarai Piala AFF 2022 dipastikan gagal. Pasukan Garuda juga gagal mengulang pencapai edisi sebelumnya ketika menjadi runner-up.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network