Jelaskan Kriteria Lapangan yang Digunakan dalam Permainan Sepakbola

"Simak penjelasan berikut ini."

Analisis | 10 January 2023, 01:06
Jelaskan Kriteria Lapangan yang Digunakan dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Tak heran jika menyebut sepakbola sebagai olahraga paling populer di era modern. Pasalnya, oahraga yang dilakukan dengan adanya dua tim yang bertanding di lapangan ini hampir sudah dimainkan semua orang di dunia.

Permainan sepakbola awalnya bisa dimainkan di mana saja asal ada bola yang bisa ditendang. Namun, seiring perubahan zaman olahraga ini berkembang pesat dengan segala aturan yang juga telah ditentukan.  Mulai dari peraturan permainan, hingga fasilitas yang pantas digunakan termasuk terkait kriteria lapangan.

Seiring memasuki era modern, dan dengan adanya organisasi sepakbola dunia, FIFA, sepakbola memiliki sejumlah aturan yang ditetapkan dalam standar internasional secara resmi oleh FIFA. Salah satu aturan yang ditetapkan termasuk mengenai kriteria lapangan yang digunakan dalam permainan ini.

Sesuai ketentuan, panjang lapangan sepakbola berukuran minimal 100 meter dengan ukuran maksimal 110 meter. Sementara mengenai lebar lapangan sepakbola, yaitu minimal 64 meter dan maksimal 75 meter.

Lalu, untuk ukuran lingkaran tengah, radius 9,15 meter dan ukuran kotak penalti sebesar 40,3 x 16,5 meter.

Selain itu, terkait aturan ukuran lapangan yang telah ditentukan. Hal yang diperhatikan juga harus memiliki kesesuaian dan kenyamanan, mulai dari ukuran lapangan, jenis rumput, ukuran gawang, termasuk ukuran bola yang akan digunakan.

Lapangan sepakbola biasanya menggunakan rumput alami. Namun, ada juga yang menggunakan rumput sintetis dengan memiliki aturan ketinggian sekitar 25-30 milimeter.

Tak hanya mengenai kriteria berupa fasilitas lapangan yang digunakan, sepakbola juga memiliki aturan dalam permainannya agar dapat berjalan dengan lancar sesuai nilai-nilai permainan, yaitu: adil, tertib, dan terhindar dari kecurangan. Dan kedua tim yang sedang bertanding harus mentaati aturan tersebut.

Berikut merupakan aturan dalam permainan sepakbola:

1. Ukuran bola dalam aturan resminya memiliki keliling 68-70 cm. 

2. Masing-masing tim yang berada di lapangan terdiri dari 11 pemain. 

3. Permainan dilakukan dengan waktu normal yaitu 2x45 menit dan memiliki waktu istirahat selama 15 menit di antara kedua babak.

4. Pertandingan sepakbola dipimpin oleh sang pengadil lapangan atau biasa disebut wasit yang dibantu dua asisten wasit dan dua hakim garis.

5. Tim yang mampu mencetak gol paling banyak dinyatakan sebagai pemenang. Gol tercipta dengan kondisi bola telah sepenuhnya masuk ke dalam gawang dengan secara sah tanpa offside dan melakukan pelanggaran. 

6. sepakbola juga memiliki dua jenis kartu pelanggaran, yaitu kuning dan merah, keduanya juga memiliki perbedaan tergantung tingkat pelanggaran. Ketika wasit mengeluarkan kartu kuning, itu adalah sebuah peringatan dan jika wasit mengeluarkan kartu merah, pemain harus meninggalkan lapangan.

7. Ketika terjadi pelanggaran, wasit akan memberikan tendangan bebas untuk tim yang dilanggar. Untuk tendangan bebas, posisi bola harus berada tepat di titik saat terjadinya pelanggaran.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network