Ini Gol Legendaris Rabah Madjer yang Plek Ketiplek Gol Ilija Spasojevic

"Gol ini lahir saat FC Porto jumpa Bayern Muenchen. Cek videonya."

Analisis | 26 December 2022, 20:34
Ini Gol Legendaris Rabah Madjer yang Plek Ketiplek Gol Ilija Spasojevic

Libero.id - Ilija Spasojevic baru saja menciptakan salah satu gol paling keren di Piala AFF 2022 saat membantu timnas Indonesiamengalahkan Brunei Darussalam 7-0 di KLFA Stadium, Kuala Lumpur, Senin (26/12/2022). Sekilas gol ini mirip aksi gol legendaris Rabah Madjer di final Piala Eropa (sekarang Liga Champions) 1986/1987.   

Rabah Mustapha Madjer lahir 15 Desember 1958. Dia adalah mantan pemain sepakbola profesional Aljazair yang bermain sebagai striker.

Dia mencapai ketenaran sebagai pemain FC Porto pada 1980-an. Secara luas, dia dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola Aljazair terbaik sepanjang masa. Dengan FC Porto, dia memenangkan sembilan gelar utama selama enam tahun berkarier. Itu termasuk Piala Eropa 1986/1987.

Salah satu gol Rabah Madjer yang cukup dikenal dunia terjadi pada 27 Mei 1987 di Prater Stadium, Vienna. Hari itu, FC Porto menantang Bayern Muenchen pada pertandingan puncak ajang paling bergengsi antarklub Eropa.

Hingga menit 76, FC Porto tertinggal 0-1 melalui gol Ludwig Koegl di menit 25. Kemudian, pada menit 77, FC Porto melakukan serangan dari sayap kanan. Bola kemudian disodorkan ke tengah. Di sana, Rabah Madjer sudah bersiap menceposkan bola ke jala Jean-Marie Pfaff.

Uniknya, Rabah Madjer memilih menggunakan cara tak biasa. Dia membelakangi gawang, dan kemudian melepaskan tendangan tumit. Gol, skor 1-1.

FC Porto kemudian bangkit untuk terus menekan pertahanan Bayern Muenchen. Mereka mendapatkan gol kemenangan 2-1 pada menit 80 melalui pemain pengganti asal Brasil, Juary. Skor bertahan hingga bubar, dan FC Porto mendapatkan trofi elite Eropa pertamanya.

Gol bersejarah itu dikenang selama bertahun-tahun. Apalagi, FC Porto baru mendapatkan trofi Si Kuping Besar keduanya pada 2003/2004 saat dilatih Jose Mourinho.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network