Tahukah Anda? Piala Dunia 2022 Bikin Manchester City Tambah Kaya

"Man City menyumbang banyak pemain ke Qatar.."

Analisis | 15 November 2022, 01:10
Tahukah Anda? Piala Dunia 2022 Bikin Manchester City Tambah Kaya

Libero.id - Manchester City akan menghasilkan cukup banyak uang tunai selama Piala Dunia 2022. Pasalnya, FIFA akan memberikan dana kepada semua klub yang pemainnya ambil bagian pada turnamen di Qatar. Jumlahnya cukup siginifikan dan didasarkan pada berapa banyak pemain dari masing-masing klub yang ambil bagian.

Sejak Piala Dunia 2010, FIFA memiliki program untuk membuat klub tidak berkeluh kesah ketika pemainnya digunakan tim nasional. Otoritas sepakbola tertinggi di bumi itu memberi kompensasi kepada klub karena bersedia melepaskan pemain.

Pada Piala Dunia 2018, klub berhak menerima dana USD8.530 (Rp117 juta) per hari untuk seorang pemain timnas. Jika ditotal, Man City ketika itu mendapatkan USD5 juta (Rp69 miliar) dari para pemainnya yang mendapatkan kesempatan bermain di Rusia. Itu jadi jumlah terbesar sebuah klub pada 2018.

Uniknya, hal yang relatif sama bakal didapatkan Man City di Piala Dunia 2022. Sekarang, Man City berhak mendapatkan USD10.000 (Rp154 juta) per hari untuk setiap pemain di Piala Dunia. Itu artinya The Citizens akan mendapatkan USD160.000 (Rp2,4 miliar) per hari dari 16 pemainnya.

Total 16 pemain Man City itu bermain di berbagai negara. Sebanyak 5 pemain membela tim nasional Inggris, yaitu John Stones, Kyle Walker, Kalvin Phillips, Phil Foden, dan Jack Grealish. Tiga pemain untuk Portugal (Ruben Dias, Bernardo Silva, Joao Cancelo). Lalu, Spanyol diwakili dua pemain, Rodri dan Aymeric Laporte.

Masih ada lagi Ederson Moraes (Brasil), Manuel Akanji (Swiss), Nathan Ake (Belanda), Ilkay Guendogan (Jerman), Kevin de Bruyne (Belgia), dan Julian Alvarez (Argentina).

Jumlah uang yang akan diterima Man City semakin banyak karena FIFA mulai membayar kompensasi ketika para pemain bergabung ke timnas. Aturan Piala Dunia 2022 menyatakan pemain bergabung seminggu sebelum kick-off. Ditambah 13 hari penyisihan grup, setidaknya satu pemain akan minimal menyumbang USD19.000 (Rp295 juta). 

Jika para pemain Man City mampu melaju terus hingga babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan final, jumlahnya tentu saja akan semakin banyak.

Apalagi, FIFA juga mengatakan kompensasi akan dibayarkan kepada semua klub yang pemainnya telah bermain dalam dua tahun sebelum Piala Dunia. Itu berarti Man City juga bisa mendapatkan bagian uang untuk Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Ferran Torres, hingga Eric Garcia.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network