Bagaimana VAR Bekerja di Piala Dunia 2022? Ini Analisisnya

"Seperti biasa, VAR juga akan jadi senjata di Piala Dunia 2022."

Analisis | 11 November 2022, 20:11
Bagaimana VAR Bekerja di Piala Dunia 2022? Ini Analisisnya

Libero.id - Teknologi bantu wasit berupa VAR akan kembali hadir di Piala Dunia. Untuk membantu wasit membuat keputusan yang benar sebanyak mungkin dan menghindari kontroversi, FIFA memastikan Piala Dunia 2022 akan menggunakan VAR di semua pertandingannya.

Piala Dunia 2022 akan menjadi debut dari beberapa teknologi yang belum pernah digunakan sebelumnya. Bagi sebagian penggemar, ini bakal memerlukan sedikit waktu untuk membiasakan diri. Sementara bagi yang lain yang sudah terbiasa dengan gagasan tersebut, ini akan jadi hal menarik.

Off side semiotomatis

Sama seperti di Liga Champions, Piala Dunia 2022 akan memiliki teknologi off side semiotomatis. Tujuannya, agar permainan lebih dinamis dengan lebih sedikit kesalahan.

Bola pertandingan akan berisi chip khusus yang memungkinkan mereka yang berada di ruang VAR untuk menentukan keputusan offs ide dalam waktu kurang dari 25 detik. Ini berarti lebih sedikit waktu yang terbuang oleh wasit yang menonton tayangan ulang secara berulang-ulang.

Kapan VAR akan digunakan di pertandingan?

1. Gol: potensi pelanggaran akan dianalisis seperti off side, pelanggaran, handball, dan memeriksa validitas semua gol.

2. Penalti: potensi pelanggaran di dalam atau di dekat area akan diperiksa untuk memastikan penalti diberikan dengan benar.

3. Kartu merah langsung: ini akan diperiksa untuk menentukan apakah keputusan yang benar telah dilakukan. Tidak ada revisi yang akan terjadi untuk kartu kuning yang diberikan atau tidak terjawab.

4. Identitas pemain: VAR memungkinkan tidak ada pemain yang salah mendapat kartu atau diusir keluar lapangan.

Drama yang direkonstruksi dalam 3D

Dalam fitur baru di Piala Dunia ini, animasi 3D akan digunakan untuk merekonstruksi tindakan yang sedang diperiksa. Petugas di ruang operator akan dapat memeriksa keakuratan off side semiotomatis. FIFA telah mengungkapkan bahwa teknologi ini akan digunakan berkat upaya gabungan dari tim di MIT, Universitas Victoria, dan Universitas Zurich.

Sistem kamera yang lebih kompleks

Teknologi VAR yang baru dan lebih baik di Piala Dunia tahun ini melibatkan penggunaan 12 kamera yang ditempatkan secara strategis di sekitar stadion. Ini akan membuat data detail pergerakan bola dan mengumpulkan data hingga 29 poin pada tubuh pemain, 50 kali per detik untuk menentukan posisi mereka.

Bola resmi Piala Dunia produksi Adidas, Al Rihla, akan menampilkan sensor yang mengirimkan data 500 kali per detik ke ruang video. Semua ini memungkinkan operator VAR untuk memiliki gambaran yang lengkap dan membuat keputusan dengan cepat.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network