Apa Rahasianya? Analisis Performa Impresif Arsenal di Awal Musim Liga Premier

"Tak sabar melihat perjuangan The Gunners hingga akhir musim."

Analisis | 19 October 2022, 18:17
Apa Rahasianya? Analisis Performa Impresif Arsenal di Awal Musim Liga Premier

Libero.id - Arsenal masih berada di puncak klasemen Liga Premier musim ini. Arsenal menjalani sepuluh pertandingan, sembilan kemenangan, dan memperoleh 27 poin.

Tim besutan Mikel Arteta sekarang unggul empat poin di puncak klasemen menyusul kemenangan 1-0 atas Leeds United di Elland Road akhir pekan lalu. Selain itu, Manchester City kalah dari Liverpool pada hari yang sama.

Jadi, bagaimana bisa Arsenal melakukannya? Apa rahasia di balik awal kegemilangan ini?

1. Faktor Gabriel Jesus 

Mustahil untuk mengecilkan peran Gabriel Jesus di Arsenal. Kedatangannya dari Manchester City di musim panas telah mengubah lini depan tim asuhan Mikel Arteta.

Saat Alexandre Lacazette masih bermain di tengah, Arsenal tidak memiliki mobilitas atau ancaman di kotak penalti. Itu membuat The Gunners hampir sepenuhnya bergantung pada Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe untuk mencetak gol.

Tapi, itu telah berubah sepenuhnya dengan kedatangan Jesus. Pemain Brasil itu telah mencetak lima gol dalam 10 pertandingan Liga Premier, lebih banyak dari yang dicetak Lacazette sepanjang musim lalu. Jesus juga memiliki tiga assist.

2. Pemain-pemain muda

Arsenal memiliki tim termuda kedua di Liga Premier musim ini, di belakang Southampton, dan pemain muda itu telah menjadi kekuatan pendorong utama di balik kesuksesan The Gunners dalam 10 pertandingan pembukaan.

Gol Bukayo Saka saat melawan Leeds menjadi gol liga ke-24 yang dicetak Arsenal musim ini, dengan sembilan di antaranya dicetak oleh pemain berusia 21 tahun ke bawah.

Itu juga merupakan gol ke-55 Arsenal yang dicetak oleh pemain berusia 21 tahun ke bawah selama Mikel Arteta memimpin. Fakta itu 23 lebih banyak daripada tim lain selama masa jabatannya.

Energi muda itulah yang memainkan peran besar dalam awal luar biasa The Gunners di musim baru.

3. Kepemimpinan Arteta

Pelatih asal Spanyol ini pantas mendapat banyak pujian. Arteta membuat sejumlah keputusan yang tepat.

Salah satunya keputusan menunjuk kapten Martin Odegaard telah berjalan dengan baik.

Keputusan untuk memasangkan William Saliba dan Gabriel Magalhaes di bek tengah dan menggeser Ben White ke bek kanan juga terbukti ampuh.

Banyak yang mempertanyakan apakah White bisa melakukan peran itu, tetapi sejauh ini dia telah menjadi salah satu bintang Arsenal musim ini.

Keputusan Arteta untuk memainkan Tomiyasu sebagai bek kiri dalam kemenangan melawan Liverpool adalah hal lain yang terbukti berhasil.

Seperti timnya, Arteta masih tergolong muda dan belum berpengalaman. Dia masih terus belajar, tetapi sebagian besar keputusan terbukti tepat sejauh ini.

4. Pramusim yang sempurna

Ini adalah hal besar bagi Arsenal. Arteta mampu menjalani pramusim dengan baik bersama skuad untuk pertama kalinya sejak dia ditunjuk sebagai pelatih.

Pemain baru seperti Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko ditempatkan lebih awal, seperti halnya William Saliba - yang akhirnya diintegrasikan ke dalam skuad setelah tiga kali dipinjamkan ke klub.

Tur pra-musim ke Amerika Serikat sukses besar, dengan Arsenal memenangkan kedua pertandingan - termasuk mengalahkan Chelsea 4-0 di Orlando.

Arsenal mengakhiri pramusim dengan mengalahkan Sevilla 6-0 untuk memenangkan Piala Emirates. Pasukan Arteta tampak siap untuk memulai di Liga Premier, yang sepatutnya mereka lakukan.

5. Rekrutmen yang cerdas

Rekrutmen musim panas Arsenal telah terbukti sukses besar.

Gabriel Jesus telah menjadi sensasi sejak kepindahannya dari Manchester City. Sementara Oleksandr Zinchenko juga memberikan dampak yang luar biasa. Pemain Ukraina itu mungkin mengalami beberapa masalah cedera dalam beberapa pekan terakhir. Tetapi, ketika dia bermain, dia telah menambahkan kualitas nyata ke starting XI.

Fabio Vieira juga telah menunjukkan performa bagus. Playmaker itu terlihat sangat berbakat dan tentu saja menambah kedalaman skuad.

6. Patah hati musim lalu

Sakit hati karena kehilangan Liga Champions selama minggu terakhir kampanye sulit untuk bertahan dan itu bisa dengan mudah berdampak negatif pada musim baru.

Tapi, para pemain malah mengambilnya sebagai hal yang positif dan menggunakan kekecewaan sebagai kekuatan pendorong untuk sukses kali ini.

“Pengalaman di akhir musim lalu menambah semangat dan mentalitas tim kami,” kata penjaga gawang Aaron Ramsdale setelah kemenangan Derby London Utara melawan Spurs. “Bukan hanya para pemain datang yang membawa mentalitas pemenang ini. Kita semua memiliki api yang membara di dalam diri (kita) karena apa yang terjadi di akhir musim lalu.”

Arteta telah bekerja keras sejak musim panas untuk menanamkan kepercayaan baru dalam skuadnya. Dia tidak ingin para pemainnya melupakan bagaimana perasaan mereka setelah kekalahan mahal di akhir musim lalu. 

7. Basis penggemar

Tidak ada indikator yang lebih baik dari kesatuan yang baru ditemukan di Arsenal saat ini selain tingkat dukungan yang mereka terima dari suporter. Para pendukung berada tepat di belakang tim mereka dan mereka menunjukkan itu di kandang maupun tandang.

Arteta telah berbicara tentang betapa pentingnya para penggemar dari waktu ke waktu.

Hubungan antara supporter dan tim telah terputus selama bertahun-tahun sebelum kedatangan Arteta dan itulah mengapa dia sangat bertekad untuk mencoba dan memulihkan hubungan itu.

Setiap kali Arsenal kebobolan gol atau membuat kesalahan, para penggemar akan berada tepat di belakang mereka, seperti ketika mereka bangkit untuk bertepuk tangan dan menyemangati William Saliba setelah gol bunuh diri melawan Leicester. Itu membuat perbedaan besar. 

8.  Mentalitas

Salah satu hal paling menonjol dari awal Arsenal hingga musim ini adalah bagaimana mereka bereaksi terhadap kesulitan. Ketika mereka kebobolan gol, mereka langsung bangkit untuk mencetak gol segera setelahnya. Mereka melakukannya melawan Leicester, Aston Villa, Fulham, dan Liverpool. 

Cara mereka menanggapi satu-satunya kekalahan yang mereka derita musim ini, tandang di Manchester United, sama mengesankannya. 

Mereka bisa dengan mudah membiarkan kepala mereka tertunduk setelah kalah di Old Trafford, tetapi mereka mengikutinya dengan tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi. 

Arsenal secara konsisten dipandang sebagai tim dengan mentalitas yang lemah selama beberapa tahun terakhir. Itu tampaknya tidak terjadi pada musim kali ini. 

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network