Daftar Lengkap 8 Stadion Piala Dunia 2022

"Stadion yang dirancang khusus untuk Piala Dunia 2022."

Analisis | 20 September 2022, 05:09
Daftar Lengkap 8 Stadion Piala Dunia 2022

Libero.id - Piala Dunia 2022 tinggal menyisakan dua bulan. Turnamen sepakbola paling bergengsi di bumi itu akan digelar di Timur Tengah untuk pertama kalinya atau yang kedua di Asia. Delapan stadion berstandar Piala Dunia dengan fasilitas bintang lima sudah disiapkan tuan rumah.

Beda dengan Piala Dunia edisi-edisi sebelumnya, Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada musim dingin dengan kick-off pada 20 November 2022.

Sebagai penyelenggara, Qatar memiliki tugas menyiapkan infrastruktur utama dan sarana penunjang. Stadion menjadi yang utama. Sementara hotel, transportasi, dan fasilitas lainnya merupakan pelengkap turnamen empat tahunan yang wajib disediakan dengan benar.

Yang menarik dari stadion Piala Dunia 2022 adalah keberadaan alat pendingin ruangan. AC menjadi vital karena iklim gurun yang kering dan panas, meski digelar di musim dingin.

Berikut ini daftar lengkap 8 stadion Piala Dunia 2022:

1. Lusail Iconic Stadium (80.000)

Stadion Lusail menjadi arena Piala Dunia 2022 dengan kapasitas terbesar, yaitu 80.000 penonton. Stadion ini akan menjadi tempat final pada 18 Desember 2022. Berlokasi tak jauh dari Sirkuit Internasional Lusail, stadion ini berjarak 23 km dari Doha.

Pada Piala Dunia 2022, Lusail Iconic Stadium juga akan menggelar pertandingan Argentina vs Arab Saudi (Grup C), Brasil vs Serbia (Grup G), Argentina vs Meksiko (Grup C), Portugal vs Uruguay (Grup H), Arab Saudi vs Meksiko (Grup C), Kamerun vs Brasil (Grup G), babak 16 besar (juara Grup H vs runner-up Grup G), perempat final, dan semifinal.

2. Al-Bayt Stadium (60.000)

Stadion Al Bayt terletak di utara Al Khor, 25 km dari Doha, dan merupakan venue yang secara khusus dibangun untuk Piala Dunia 2022. Ini merupakan salah satu stadion dengan atap yang bisa dibuka dan ditutup menyesuaikan cuaca. Stadion ini dirancang agar terlihat seperti tenda tradisional orang-orang Arab.

Pada Piala Dunia 2022, Stadion Al-Bayt akan menggelar Qatar vs Ekuador (Grup A), Maroko vs Kroasia (Grup F), Inggris vs Amerika Serikat (Grup B), Spanyol vs Jerman (Grup E), Belanda vs Qatar (Grup A), Kosta Rika vs Jerman (Grup E), bebak 16 besar (juara Grup B vs runner-up Grup A), perempat final, dan semifinal.

3. Education City Stadium (45.350)

"Stadion Kota Pendidikan" berlokasi di Al-Rayyan, tak jauh dari Doha. Lokasinya di sebuah kota satelit yang dikhususkan bagi sarana pendidikan bernama "Kota Pendidikan", yang dikembangkan oleh Qatar Foundations. Kapasitas stadion ini 45.350 untuk Piala Dunia 2022. Tapi, setelah turnamen akan diperkecil menjadi 25.000.

Selama Piala Dunia 2022, Education City Stadium akan menggelar laga Denmark vs Tunisia (Grup D), Uruguay vs Korea Selatan (Grup H), Polandia vs Arab Saudi (Grup C), Korea Selatan vs Ghana (Grup H), Tunisia vs Prancis (Grup D), Korea Selatan vs Portugal (Grup H), babak 16 besar (juara Grup F vs runners-up Grup E), dan perempat final.

4. Ahmed bin Ali Stadium (44.740)

Stadion Ahmed bin Ali terletak di Al-Rayyan dan merupakan stadion lama yang dihancurkan untuk dibangun kembali. Setelah Piala Dunia 2022, stadion ini menjadi kandang dari dua klub lokal yang bersaing di kompetisi domestik, Al-Rayyan dan Al-Kharitiyath.

Pada Piala Dunia 2022, stadion ini akan menggelar pertandingan Amerika Serikat vs Wales (Grup B), Belgia vs Kanada (Grup F), Wales vs Iran (Grup B), Jepang vs Kosta Rika (Grup E), Wales vs Inggris (Grup B), Kroasia vs Belgia (Grup F), dan babak 16 besar (juara Grup C vs runner-up Grup D).

5. Al-Janoub Stadium (40.000)

Stadion Al-Janoub sebelumnya dikenal sebagai Stadion Al-Wakrah. Stadion yang terletak di Al-Wakrah ini dirancang oleh arsitek asal Irak, Zaha Hadid. Stadion ini memiliki atap yang dapat dibuka yang akan berguna pada siang hari saat panas terik. Sehari-hari, stadion ini merupakan markas klub Liga Qatar, Al-Wakrah SC.

Pada Piala Dunia 2022, Al-Janoub akan menggelar pertandingan Prancis vs Australia (Grup D), Swiss vs Kamerun (Grup G), Tunisia vs Australia (Grup D), Kamerun vs Serbia (Grup G), Australia vs Denmark (Grup D), Ghana vs Uruguay (Grup H), babak 16 besar (juara Grup E vs runner-up Grup F).

6. Al-Thumama Stadium (40.000)

Stadion Al-Thumama terletak di Al-Thumama, Doha Metropolitan Area. Lokasinya dekat dengan Hamad International Airport. Stadion ini dirancang oleh Ibrahim Jaidah dan terinspirasi dari topi tradisional Taqiyah yang dikenakan laki-laki di Timur Tengah.

Pada Piala Dunia 2022, Al-Thumama Stadium akan menggelar pertandingan Senegal vs Belanda (Grup A), Spanyol vs Kosta Rika (Grup E), Qatar vs Senegal (Grup A), Belgia vs Maroko (Grup F), Iran vs Amerika Serikat (Grup B), Kanada vs Maroko (Grup F), babak 16 besar (juara Grup D vs runner-up Grup C), dan perempat final.

7. Stadium 974 (40.000)

Stadion 974 adalah nama resmi arena Piala Dunia 2022 di Ras Abu Aboud. Angka ini diambil dari kode panggilan internasional Qatar, +974 (Indonesia +62). Lebih unik lagi, angka 974 juga merupakan kontainer baja bekas yang dimodifikasi yang digunakan sebagai bahan pembuatan stadion ini.

Ini adalah stadion ramah lingkungan karena 974 kontainer yang digunakan adalah bekas pakai yang didaur ulang. Dan, setelah Piala Dunia 2022, stadion tetap digunakan. Sebelumnya, stadion ini bernama Ras Abu Aboud Stadium.

Pada Piala Dunia 2022, Stadium 974 menggelar Meksiko vs Polandia (Grup C), Portugal vs Ghana (Grup H), Prancis vs Denmark (Grup D), Brasil vs Swiss (Grup G), Polandia vs Argentina (Grup C), Serbia vs Swiss (Grup G), babak 16 besar (juara Grup G vs runner-up Grup H).

8. Khalifa International Stadium (40.000)

Stadion Internasional Khalifa juga dikenal sebagai Stadion Nasional Qatar dan merupakan salah satu stadion tertua yang ada di negera tersebut. Stadion ini dibuka pertama kali pada 1976 dan telah menjadi tuan rumah banyak ajang olahraga seperti Piala Teluk, Asian Games, hingga Piala Asia.

Lokasinya startegis di area Doha Sports City, dan menyatu dengan akademi sepakbola tercanggih di Asia, Aspire Academy. Stadion ini telah berkali-kali direnovasi, dan pemugaran terbaru menghilangan lintasan atletiknya.

Pada Piala Dunia 2022, Stadion Nasional Qatar akan menggelar Inggris vs Iran (Grup B), Jerman vs Jepang (Grup E), Belanda vs Ekuador (Grup A), Kroasia vs Kanada (Grup F), Ekuador vs Senegal (Grup A), Jepang vs Spanyol (Grup E), babak 16 besar (juara Grup A vs runner-up grup B), dan play-off peringkat 3. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network