Jelaskan Ukuran Bola Sepakbola Berdasarkan Usia Pemainnya

"Bola adalah alat paling penting dalam pertandingan sepakbola."

Analisis | 13 September 2022, 17:32
Jelaskan Ukuran Bola Sepakbola Berdasarkan Usia Pemainnya

Libero.id - Dalam permainan sepakbola, bola menjadi peralatan paling penting dan utama. Pasalnya, sepakbola tetap masih bisa dimainkan, meski tanpa gawang dan sepatu. Tapi, tanpa bola, itu bukan sepakbola.

Sejarah sepakbola mencatat, permainan menendang bola sejatinya sudah ditemukan sejak abad kedua dan ketiga Sebelum Masehi di China. Sedangkan negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepakbola adalah Inggris. Hal ini terlihat bisa ditemukan dalam sejarah perkembangan sepakbola yang memunculkan aturan-aturan baku oleh para pelajar di Universitas Cambridge.

Pada 26 Oktober 1863 bertempat di Freemason Tavern, Great Queen Street, London, para pelajar menginisiasi adanya Law of the Games untuk sepakbola. Hari itu juga ditetapkan sebagai lahirnya Football Association atau Asosiasi Sepakbola Inggris (FA). Itu adalah asosiasi sepakbola pertama di dunia.

Seiring berjalannya waktu, ukuran bola untuk permainan ini juga terbagi dalam beberapa kategori penggunanya berdasarkan umur. Melansir laman resmi Nike, ada empat ukuran bola untuk pertandingan sepakbola berdasarkan kategori usia, yaitu:

1. Ukuran 1 (segala usia)

Ukuran 1 merupakan satu-satunya ukuran yang bisa digunakan untuk semua kalangan usia. Pasalnya, tujuan adanya bola No.1 adalah untuk meningkatkan keterampilan footwork atau gerak kaki dan cara mengontrol bola dengan baik dan benar. Bola ini berdiameter 46-51 cm.

2. Ukuran 3 (U-8)

Ukuran 3 diperuntukkan bagi pemain berusia di bawah delapan tahun atau masuk dalam kategori junior. Bola No.3 memiliki diameter 58,5-61 cm. Berat bola ukuran ini 0,31-0,33 kg.

3. Ukuran 4 (U-12)

Ukuran 4 berdiameter 63,5-66 cm dan memiliki berat sekitar 0,33-0.36 kg. Dengan ukuran tersebut, bola No.4 cocok untuk kategori usia 8-12 tahun.

4. Ukuran 5 (senior)

Ukuran 5 merupakan bola yang biasa dipakai untuk profesional atau orang dewasa. Ukuran bola yang digunakan oleh pertandingan sepakbola yang berusia 12 tahun ke atas yaitu No.5. Bola ini berdiameter 68-70 cm dengan berat sekitar 0,40-0,45 kg.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network