Jelaskan Pengertian Sepakbola Menurut Ahli

"Ada banyak pengertian sepakbola. Berikut ini beberapa diantaranya."

Analisis | 11 September 2022, 05:18
Jelaskan Pengertian Sepakbola Menurut Ahli

Libero.id - Sekarang, sepakbola berkembang menjadi olahraga dengan peminat yang sangat banyak. Olahraga ini juga dipelajari di bangku sekolah dan diteliti di banyak universitas ternama dunia.

Sepakbola adalah permainan yang menggunakan bola, yang terbuat dari bahan kulit, dan dimainkan oleh dua tim berbeda. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Ada juga pelatih dan ofisial tim lainnya yang duduk di bangku cadangan.

Meski menjadi salah satu olahraga yang digemari umat manusia, baik kanak-kanak, remaja, hingga orang tua, masih banyak yang tidak paham pengertian sepakbola yang sebenarnya.

Nah, berikut ini pengertian sepakbola menurut beberapa ahli:

1. Herwin (2004:78)

Sepakbola adalah permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik, dan mental.

2. Erick C. Batty (1982:5)

Sepakbola adalah permainan yang sederhana. Rahasia permainan sepakbola adalah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Sepakbola adalah permainan beregu dengan setiap pemain harus menguasai teknik dasar, baik dengan bola atau tanpa bola.

3. Muhajir (2007:22)

Sepakbola adalah permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola lawan.

4. Joko Purwanto (2004:7)

Sepakbola adalah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan dua regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

5. Subagyo Irianto (2010:3)

Sepakbola adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

6. Luxbacher (2008:2)

Sepakbola adalah pertandingan yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

7. Alwi dalam KBBI (2003:918)

Sepakbola adalah permainan beregeu yang menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan, yang masing-masing terdiri dari 11 pemain.

8. Muhyi Faruq (2008:17)

Sepakbola adalah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental, serta sosial, berupa prestasi. Kajian ini lebih menyoroti pada permainan sepakbola dalam kaitannya dengan kebugaran tubuh. Permainan ini masuk dalam aktivitas gerak olahraga.

Sepakbola merupakan bentuk aktivitas fisik yang terstruktur, terencara, dan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.

9. Agus Salim (2008:10)

Sepakbola adalah olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyaknya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk bisa membuat gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik dalam mengontrol bola.

10. Sucipto (2000:7)

Sepakbola adalah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawan yang dibolehkan menggunakan tangan di daerah penalti.

11. Nurhasan (2001:46)

Sepakbola adalah permainan sepak bola dilakukan dalam dua babak. Masing-masing babak berlangsung 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin seorang wasit dengan dibantu dua hakim garis.

Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda dengan lawan mainnya. Sedangkan penjaga gawang harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan pemain lainnya.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network