Jelaskan Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

"Ini sesuai dengan regulasi pertandingan resmi yang berlaku."

Analisis | 05 September 2022, 13:27
Jelaskan Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Libero.id - Futsal adalah cabang olaharaga sempalan sepakbola. Olahraga ini merupakan salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim secara berlawanan. Masing-masing tim berjumlah lima pemain utama dan beberapa pemain cadangan. Dan, umumnya digelar di dalam ruangan (indoor).

Dalam pertandingan futsal, setiap tim memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Seperti sepakbola, tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan akan menjadi pemenang pertandingan.

Dalam sejarahnya, futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay, oleh Juan Carlos Ceriani, pada 1930-an. Kemudian, mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama Brasil. Karena itulah istilah futsal berasal dari Bahasa Spanyol, yaitu "futebol sala" alias "sepakbola ruangan".

Ada banyak kesamaan antara sepakbola dengan futsal. Tapi, tidak sedikit pula perbedaannya. Salah satu yang paling kasat mata adalah ukuran lapangan futsal yang berbeda dari sepakbola.

Ukuran Lapangan Futsal yang Benar dan Standar

Bentuk lapangan futsal adalah persegi panjang. Berdasarkan standar nasional dari Federasi Futsal Indonesia(FFI), lapangan futsal memiliki ukuran panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter. Sementara menurut FIFA, panjang lapangan futsal ajang internasional adalah 38-42 meter dan lebarnya 18-25 meter.

Meski terdapat perbedaan dalam hal minimal ukuran, FFI juga mengadopsi aturan FIFA. Normalnya, dalam berbagai pertandingan futsal di Indonesia, ukuran lapangan akan mengacu pada 42x25 meter.

Tak hanya ukuran panjang dan lebar lapangan, pada lapangan futsal juga terdapat garis pembatas. Itu adalah garis gawang dan garis samping. Garis pembatas ini memiliki lebar 8 centimeter. Sementara garis melingkar dengan titik pusat memiliki jari-jari 3 meter.

1. Gawang

Lapangan futsal yang baik harus ditunjang gawang, jaring, dan area penalti yang mengikuti peraturan. Jaring pada gawang terbuat dari bahan nilon. Gawang ditempatkan pada tengah garis gawang yang sudah ada. Lebar gawang adalah 3 meter dan tingginya 2 meter dari lantai.

Standar bentuk gawang adalah lingkaran serta kotak. Tapi, sebaiknya menggunakan bentuk lingkaran supaya lebih aman jika terkena pantulan bola. Gawang memiliki kedalaman yang mencapai 80 centimeter dan bagian bawahnya adalah 100 centimeter.

2. Area Penalti

Seperti sepakbola, dalam permainan futsal juga ada area penalti, yang dibuat dengan adanya dua garis seperempat lingkaran yang memiliki jari-jari 6 meter. Setiap ujung garis ini menempel pada garis gawang. Pada kedua ujung garis tersebut ada garis lurus yang berfungsi sebagai penghubung, panjangnya 3,16 meter.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network