Jelaskan Istilah-istilah Penting yang Wajib Diketahui dalam Permainan Softball

"Inilah hal-hal yang harus diketahui tentang softball."

Analisis | 05 September 2022, 15:04
Jelaskan Istilah-istilah Penting yang Wajib Diketahui dalam Permainan Softball

Libero.id - Tidak seperti sepakbola atau bola basket, softball bukan olahraga yang populer di Indonesia. Tapi, bukan berarti softball sepi peminat. Di beberapa sekolah di kota besar, olahraga yang menggunakan bola kecil dan pemukul ini diajarkan serta menjadi menu kegiatan ekstra kurikuler.

Softball adalah sebuah permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim dengan jumlah pemain sembilan orang. Pada permainan softball, setiap pemain di dalam tim memiliki posisi dan tugasnya masing-masing.

Tujuan permainan ini adalah untuk memukul bola dengan tongkat khusus yang disebut bat sebelum pemain mencoba berlari ke empat titik.

Kemudian, untuk mencetak angka, pemukul harus berhasil memukul bola terlebih dulu dan berhasil mengitari pangkalan (base) tanpa henti. Satu kali putaran diberi skor untuk setiap pemukul yang bisa melakukannya secara tuntas. Dan, itu dilakukan secara bergantian.

Skor juga bisa diberikan oleh pelari yang berhasil kembali ke home plate atau timnya, meski bukan pemukul yang melakukan putaran penuh.

Istilah-istilah dalam Permainan Softball

1. Strike zone

Strike zone adalah area antara lutut pemukul (batter) hingga bagian tengah punggungnya. Area inilah yang menjadi target pelempar atau pelambung bola. Pelambung dalam permainan softball disebut pitcher.

Agar lemparan bola dinyatakan sah, pitcher harus melempar bola ke area strike zone. Sah atau tidaknya hasil lemparan pitcher akan dinilai oleh wasit (umpire).

2. Strike

Strike adalah keadaan ketika pemukul tidak bisa mengenai bola saat mengayunkan bat (tongkat pemukul). Jika pemukul sudah mengayunkan bat dan tidak mengenai bola, maka kondisi ini dinyatakan strike. Hal itu terlepas bola yang dilempar pitcher masuk atau tidak ke dalam area strike zone.

3. Strike out

Pemain softball akan mendapat kesempatan memukul bola sebanyak tiga kali lemparan. Jika dalam tiga kesempatan itu terjadi strike, yaitu pukulannya tidak mengenai bola, maka pemukul dinyatakan strike out dan harus keluar dari permainan saat itu juga.

4. Ball

Ball adalah kondisi saat bola yang dilempar pitcher tidak masuk ke dalam area strike zone dan pemukul tidak mengayunkan bat.

5. Fair ball

Fair Ball adalah bola hasil pukulan yang dinyatakan sah sehingga pemukul dan pelari (base runner) bisa melanjutkan lari ke base berikutnya.

6. Foul ball

Foul ball biasa disebur out ball. Ini adalah istilah untuk menyebutkan hasil pukulan yang tidak sah sehingga pemukul dan pelari tidak bisa melanjutkan lari ke base selanjutnya.

7. Bunt

Bunt adalah pukulan yang dilakukan oleh batter ketika bola hanya dikenakan pada bat tanpa disertai ayunan.

8. Home run

Home run adalah hasil pukulan melambung melewati batas luar dari outfield dan tidak bisa dijangkau oleh penjaga (baseman). Kondisi tersebut membuat pemukul bisa berlari melewati semua base secara bebas dan pelari di semua base juga bisa berlari ke home plate.

9. Free walk

Free walk akan diberikan jika pitcher melakukan ball atau kesalahan sebanyak empat kali. Free walk juga diberikan jika pemukul (batter) dihalangi oleh regu penjaga saat akan menuju base.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network