Jelaskan Ukuruan Lapangan Bola Basket Standar Internasional

"Silakan dicoba di lapangan basket di dekat rumah anda."

Analisis | 29 August 2022, 00:15
Jelaskan Ukuruan Lapangan Bola Basket Standar Internasional

Libero.id - Bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang cukup populer di dunia dan banyak dimainkan orang muda. Popularitas olahraga asal Amerika Serikat ini hanya kalah dari sepakbola. Bahkan, di Negeri Paman Sam, popularitas bola basket jauh di atas sepakbola.

Di era modern, semakin banyak orang di seluruh dunia yang menikmati permainan bola basket. Di luar Amerika Serikat, bola basket menjadi olahraga utama di negara-negara Baltik seperti Lithuania dan Estonia. Di Asia Tenggara, Filipina menjadi negara dengan penggemar bola basket yang luar biasa.

Bola basket juga menjadi salah satu olahraga yang diminati banyak orang Indonesia. Bahkan, menjadi salah satu pelajaran di sekolah-sekolah.

Ada banyak yang diajarkan di sekolah terkait bola basket. Selain cara bermain dan peraturan, ukuran lapangan bola basket juga menjadi salah stau pembahasan khusus. Menurut Federasi Bola Basket International (FIBA), lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran.

Standar pertama, lapangan bola basket memiliki panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Sementara untuk lapangan permainan bola basket standar NBA, ukuran panjangnya 26 meter dan lebar 14 meter. 

Dalam lapangan bola basket, terdapat tiga buah lingkaran yang berada di dalam area permainan dengan panjang jari-jari 1,8 meter dan ukuran lebar garis 0,05 meter. Sementara untuk panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter dan diameter panjang garis tembakan hukuman 3,6 meter.

Untuk jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dan pemain cadangan 5 orang. Jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut  referee, sedangkan wasit 2 disebut umpire.

Sedangkan untuk ukuran bola yang digunakan dalam permainan bola basket memiliki diameter keliling 75-78cm. Berat bola basket 600- 650 gram. Jika dijatuhkan dari ketinggian 1,8 meter pada lantai papan, bola harus kembali pada ketinggian 1,2-1,4 meter.

Selain lapangan, ada lagi ukuran ring basket. Panjangnya 0,4 meter, dengan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir 1 meter.

Panjang papan pantul bagian luar 1,8 meter dan lebar papan pantul bagian luar 1,2 meter. Lalu, panjang papan pantul bagian dalam 0,59 meter dan lebar papan pantul bagian dalam 0,45 meter. Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah 2,75 meter dan jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket 0,3 meter.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network