Pengertian dan Tujuan Mencari Ruang Kosong dalam Permainan Sepakbola

"Sepakbola adalah permainan menyerang. Salah satu caranya mencari ruang kosong."

Analisis | 24 August 2022, 15:33
Pengertian dan Tujuan Mencari Ruang Kosong dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Filosofi permainan sepakbola ala Belanda alias total football adalah menyerang merupakan pertahanan terbaik. Filosofi yang sangat logis karena inti dari permainan ini adalah menyerang dan mencetak gol. Jadi, dibutuhkan ruang kosong untuk dimanfaatkan sebagai jalan menuju gawang.

Dalam membangun serangan, sebuah tim biasanya memiliki pola khusus yang biasa digunakan.

Namun, secara umum dalam sepak bola terdapat tiga jenis pola penyerangan, yaitu pola gerak tersusun, pola untuk menghadapi pertahanan rapat, pola mencari ruang kosong. Dan, salah satu yang paling terkenal adalah pola penyerangan mencari ruang kosong.

Lalu, apa pengertian penyerangan mencari ruang kosong? Secara sederhana, pengertian penyerangan mencari ruang kosong adalah pemain mencari ruang yang tidak terjaga oleh lawan. Sehingga rekannya bisa dengan mudah memberikan trobosan kepada pemain yang sudah bersiap menuju ruang kosong. 

Penyerangan mencari ruang kosong dalam sepakbola dapat diartikan ketika pemain memposisikan diri ke daerah pertahanan lawan  yang tak dijaga. Tujuan pola mencari ruang kosong dalam permainan sepakbola adalah menerobos pertahanan lawan dalam keadaan tidak terkawal. 

Pola mencari ruang kosong identik dengan sebutan pergerakan tanpa bola. Hal ini karena pemain tim penyerang tidak membawa bola ketika menempatkan diri pada posisi kosong. Kemudian, rekan lainnya yang membawa bola akan berusaha memberikan umpan akurat dan mematikan. Biasanya, umpan terobosan. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pola penyerangan sepak bola mencari ruang kosong bertujuan untuk melakukan pola operan terobosan agar penyerangan dapat berjalan dengan baik.

Untuk dapat membuka ruang kosong, salah satu rekan perlu mampu menahan bola agar memberikan waktu kepada pemain membuat ruang. Setelah itu, di sinilah pemain yang membawa bola berperan besar melepaskan umpan dengan akurasi tinggi. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network