5 Pemain Sepakbola dengan Penyakit Bawaan di Lapangan

"Tiga orang merupakan legenda Man United."

Analisis | 17 August 2022, 05:13
5 Pemain Sepakbola dengan Penyakit Bawaan di Lapangan

Libero.id - Sebuah permainan yang melambangkan persatuan dan kekuatan, kita sebagai fans hanya bisa menikmatinya. Itulah sepakbola.

Dalam hal performa kelas dunia, seorang pemain sepakbola harus memberikan segalanya, baik secara fisik maupun mental. Cedera adalah bagian tak terpisahkan dari permainan, karena olahraga adalah kecakapan yang sangat menuntut kebugaran.

Beberapa dari bintang kelas dunia ini memiliki kondisi medis yang parah, namun mereka telah menginjakkan kaki di lapangan sepakbola dan telah memberikan kinerja yang tiada-duanya.

Dari Petr Cech, yang masih cenderung melindungi luka-lukanya dari bentrokan melawan Stephen Hunt pada 2006, hingga David de Gea, yang berjuang melawan rabun jauh hingga menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia, sangat menginspirasi bagaimana para atlet ini bangkit dari kekurangan mereka.

Berikut adalah lima pesepakbola yang pernah bermain dengan beberapa kondisi medis paling serius.

5. Edgar Davids - Glaukoma

Salah satu pesepakbola paling terkenal di generasinya. Davids sering dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terhebat di zamannya. Dijuluki 'pitbull' oleh Louis Van Gaal karena gaya permainannya yang kuat dan tak kenal menyerah. Davids merupakan gelandang paling serbaguna yang pernah ada.

Salah satu hal yang terlihat menonjol adalah mantan Legenda Juventus itu terlihat memakai kacamata hampir sepanjang waktu saat bermain. Ini karena kondisi medis yang disebut Glaukoma, di mana saraf optik di mata rusak karena genetik atau alasan lain, yang membatasi penglihatan. Kondisi ini tidak memiliki obat khusus dan hanya dapat dikendalikan.

Namun, Davids berhasil memainkan sebagian besar kariernya tanpa membiarkan penampilannya goyah karena Glaukoma, membuktikan bahwa dia adalah pesepakbola yang kuat.

4. David de Gea - Miopia

Salah satu kiper terbaik saat ini, keterampilan kiper Spanyol itu sangat bagus. Jenis refleks dan kesadaran yang dia tunjukkan adalah faktor yang membantunya berkembang sebagai penjaga gawang.

Perawakannya yang tinggi dan kualitas kepemimpinannya menjadikannya salah satu kiper paling berpengaruh di generasinya. Namun, fakta yang aneh, De Gea memiliki semua kualitas ini dengan kondisi yang dikenal sebagai Miopia. Dia telah memakai kacamata hampir sepanjang hidupnya.

Yang cukup menarik, permulaannya di Manchester United tidak seperti yang kami harapkan, karena dia terus tampil dengan serangkaian kesalahan. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Manchester United, Optometrist, terbukti bahwa De Gea mengalami gangguan penglihatan.

Namun, Sir Alex Ferguson tidak mau mengambil risiko dan memesan penjaga gawang Spanyol untuk operasi laser pada musim panas 2012. Sejak itu, De Gea hanya menjadi lebih baik dan telah mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu kiper terhebat di dunia.

3. Paul Scholes - Pembuluh darah yang tersumbat di mata kanan

Dengan 11 gelar Liga Inggris, 3 Piala FA, 2 Piala Liga, dan 2 trofi Liga Champions, Scholes dianggap sebagai salah satu gelandang Inggris terbaik sepanjang masa.

Legenda Manchester United itu telah bermain selama hampir dua dekade, tampil di lebih dari 700 pertandingan untuk Setan Merah dan mencetak lebih dari 150 gol. Kejutan terbesar adalah kenyataan bahwa dia memainkan bagian dari kariernya dengan satu mata yang buruk.

"Ada saat ketika saya biasa melihat 4 bola maju ke arah saya, itu membingungkan. Percayalah" kata Scholes tentang penglihatannya yang kabur.

Setelah berkonsultasi dengan beberapa dokter, Scholes didiagnosis mengalami penyumbatan pembuluh darah, yang menyebabkan pendarahan internal di mata kanannya. Dia menjalani operasi yang membutuhkan lebih dari sepuluh sesi karena kerumitan saraf di mata.

Scholes kembali pada 2006 setelah enam bulan dan berpartisipasi dalam salah satu musim terbesar dalam sejarah Manchester United.

2. Petr Cech - Cedera kepala

Kita semua ingat pertandingan Chelsea vs Reading yang terkenal pada 2006, di mana pada menit pertama Cech bertabrakan dengan Stephen Hunt dari Reading. Tabrakan yang sangat brutal sehingga tidak ditayangkan di TV.
Namun, ini bukan akhir cerita walau Cech didiagnosis mengalami patah tulang tengkorak tingkat 3, dan para dokter mengatakan bahwa itu dapat mengakhiri kariernya sebelum waktunya.

Para dokter menggambarkan cedera itu sebagai risiko yang cukup besar untuk hidupnya. Banyak yang mengira itu adalah akhir dari penjaga gawang Chelsea tersebut.

Namun, dengan operasi yang sangat sukses, Cech kembali setelah empat bulan dan mulai bermain untuk Chelsea, mengenakan pelindung kepala bergaya rugby yang terkenal, menjadikannya salah satu pemain paling terkenal di dunia.

Patah tulang tengkoraknya sudah sembuh, tetapi ada beberapa kerusakan di permukaan, karena ini adalah alasan mengapa Cech masih memakai helm karena benturan lainnya rentan dapat menyebabkan lebih banyak masalah seperti gegar otak permanen dan kerusakan otak.

1. David Beckham - Asma

Salah satu pemain Manchester United dan Inggris terhebat yang pernah ada, Beckham terkenal telah memimpin timnya ke semifinal Piala Dunia 2002 dari tendangan bebas menit terakhir yang dramatis.

Sejak itu, dia memiliki karier yang sangat bagus bermain untuk klub seperti Real Madrid dan AC Milan. Seorang spesialis bola mati, gelandang yang cerdas, dia dianggap sebagai salah satu pesepakbola paling berpengaruh di abad ke-21.

Beckham berada di puncak dalam hal kebugaran, tetapi fakta yang kurang diketahui tentang mantan kapten Inggris adalah bahwa dia menderita asma. 

Kembali pada 2009, Beckham terlihat menggunakan inhaler melawan Real Salt Lake di final Piala MLS selama tugasnya bersama LA Galaxy. Juru bicara gelandang Simon Oliveira menyebutkan bahwa dia memiliki kondisi ini sejak kecil.

"David telah menderita dengan ini sejak dia masih kecil, tetapi itu jelas tidak berpengaruh pada penampilannya."

Beckham memang tidak pernah menunjukkan tanda-tanda asma sepanjang kariernya, karena dietnya memainkan peran penting dalam manajemen penyakitnya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network