Pengertian Permainan Sepakbola dan Ukuran Lapangan

"Penasaran? Langsung saja cek tulisan berikut ini."

Analisis | 15 August 2022, 00:19
Pengertian Permainan Sepakbola dan Ukuran Lapangan

Libero.id - Apa yang dimaksud dengan sepakbola? Secara umum, permainan sepakbola merupakan salah satu permainan bola besar yang sangat populer. Bahkan, menjadi bidang olahraga paling populer di dunia. Permainan sepakbola dimainkan oleh dua tim, dengan masing-masing tim beranggotakan 11 orang.

Menurut ahli olahraga, Muhajir (2007:22), pengertian sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang tidak kemasukan bola.

Dari pandangan Muhajir, secara sederhana pengertian permainan sepakbola adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim berbeda, dengan komposisi pemain setiap tim yang berada di lapangan sebanyak 11 orang. Masing-masing tim berusaha untuk menang dengan mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Lalu, berapa ukuran lapangan sepak bola? Ukuran lapangan sepakbola sangat berpengaruh dalam jalannya setiap pertandingan. Itulah kenapa lapangan sepakbola memiliki ukuran standar. Jadi, di mana pun permainan sepakbola berlangsung, ukuran lapangan pasti sama.

Lapangan permainan dan bola memiliki bentuk dan ukuran sebagai berikut:

1. Lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang, dengan perbandingan panjang dan lebar sama dengan dua banding satu, atau kurang sedikit. Misalnya panjang lapangan sepak bola tersebut adalah 90 meter, maka lebarnya harus berkisar antara 45 meter atau tidak lebih dari 55 meter.

2. Panjang lapangan sepakbola berkisar 90 meter (minimal) sampai 120 meter (maksimal). Sementara untuk Lebar lapangan sepakbola antara 45 meter (minimal) sampai 90 meter (maksimal).

3. Untuk ukuran gawang dalam permainan sepakbola, juga berbentuk persegi panjang dengan perbandingan 3:2. Ukuran ideal yang ditetapkan FIFA memiliki lebar 7,3 meter dengan tinggi 2,4 meter.

Untuk luas area penalti menggunakan standar sebagai berikut:

1. Kotak penalti adalah area penjaga gawang bebas menyentuh bola dengan tangan. Kotak penalti adalah daerah rawan. Jika pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri, maka tim lawan akan mendapat hadiah penalti, yaitu tentangan bebas berjarak 12 meter. Pemain penendang hanya akan berhadapan dengan seorang penjaga gawang.

2. Terdapat dua kotak penalti dalam lapangan sepakbola, yaitu kotak penalti kecil (6-yard box): 

a). Kotak penalti kecil adalah area penjaga gawang yang mempunyai kekuasaan mutlak dan tidak boleh diganggu oleh pemain lawan. Kotak penalti kecil ini berada dalam kotak penalti besar dan berbentuk persegi panjang. Ukurannya adalah panjang 18 meter dengan lebar 5,5 meter.

b). Kotak penalti besar (18-yard box): Kotak penalti besar adalah area rawan, karena jika pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri, maka tim lawan akan mendapat hadiah penalti. Panjangnya adalah 40-45 meter dengan lebar 16-19 meter.

3. Sedangkan untuk garis lingkaran tengah (kick-off area) memiliki ukuran sebagai berikut:

a). Garis tengah lapangan sepakbola berdiameter 9,15 meter. Garis lingkaran tersebut berada tepat di tengah lapangan. 

b). Di tengah lingkaran tersebut terdapat titik yang digunakan pemain untuk memulai kick off.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan




Daun Media Network