Klarifikasi Soal Kelanjutan Naturalisasi 3 Pemain Keturunan, Ini yang Dikatakan Utusan PSSI

"Namun tetap saja bertele-tele dan terlalu lama prosesnya."

Analisis | 12 August 2022, 13:32
Klarifikasi Soal Kelanjutan Naturalisasi 3 Pemain Keturunan, Ini yang Dikatakan Utusan PSSI

Libero.id - Proses naturalisasi dari tiga pemain keturunan Indonesia, yakni Jordi Amat, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh masih terus berlanjut.

Melalui utusan PSSI yakni Hamdan Hamedan, dirinya menjelaskan alur selanjutnya secara detail terkait proses naturalisasi tersebut agar tidak ada opini liar di masyarakat.

Sebelumnya, permintaan naturalisasi itu sendiri diinisiasi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu tertarik merekrut pemain top Eropa yang memiliki darah keturunan Indonesia untuk pulang membela Timnas Indonesia.

Pattynama saat ini tengah berkarier di klub Liga Norwegia, Viking FK sementara Walsh tengah memperkuat klub Belgia, KV Mechelen. Adapun Jordi Amat baru menyelesaikan kepindahan ke klub top Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Baru-baru ini Hamdan Hamedan memberikan update proses naturalisasi ketiga pemain asing tersebut. Dia juga menjelaskan alur selanjutnya yang harus dilalui mereka sebelum menjadi WNI.

“Dokumen @jordiamat5 dan @sandywalsh sudah sampai DPR. Sementara itu, dokumen @s.pattynama sudah sampai di Kemensetneg,” tulis pernyataan pada akun @hamdan.hamedan.

“Perlu diketahui, DPR sedang reses sampai pertengahan Agustus. Semoga saja ketika para anggota dewan kembali ke DPR, permohonan naturalisasi ketiga pemain tersebut dapat segera dirapatkan,” sambungnya kemudian.

“Biasanya setelah rapat Komisi X (dan Komisi III) serta stakeholder terkait berlangsung dengan baik, maka akan ada sidang paripurna DPR," tambahnya. 

"(Setelah itu) calon pemain naturalisasi lalu menunggu terbitnya Keputusan Presiden sebelum dilanjutkan dengan sumpah atau janji sebagai WNI di kantor wilayah atau Kanwil Kemenkumham yang ditunjuk," tutup Hamdan Hamedan.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network