Apa Maknanya? No.90 yang Dikenakan Romelu Lukaku di Inter Milan

"Dulu, Ivan Zamorano gunakan 1+8. Kini, Romelu Lukaku punya 90. Unik!"

Analisis | 01 July 2022, 01:12
Apa Maknanya? No.90 yang Dikenakan Romelu Lukaku di Inter Milan

Libero.id - Inter Milan mengonfirmasi Romelu Lukaku kembali ke Stadio Giuseppe Meazza setelah gagal bersinar di Chelsea musim lalu. Uniknya, penyerang asal Belgia itu tidak akan menggunakan jersey No.9, melainkan No.90. Apa alasannya?

Dua musim lalu, Romelu Lukaku berhasil membawa Inter Milan menjuarai Serie A dan mencetak banyak gol. Akibatnya, klub lamanya yang ternyata juga favoritnya, memanggil pulang. Romelu Lukaku kemudian kembali ke Chelsea pada transfer window musim panas 2021 dengan nominal fantastis.

Sayang, penampilan Romelu Lukaku  di Liga Premier maupun kompetisi lain musim 2021/2022 mengecewakan. Jadi, dia meminta klub meminjamkannya ke Italia lagi seharga 8 juta euro (Rp124 miliar) ditambah bonus terkait kinerja, dengan pemotongan gaji 35 persen.

Romelu Lukaku bersama rombongan tiba di Bandara Linate, Milan, pada Rabu (28/6/22). Dia langsung menjalani tes medis dan menandatangani kontrak semusim.

Tapi, setelah tiba di Inter Milan lagi, situasinya tidak sama. Semuanya sudah banyak berubah. Tidak ada lagi Antonio Conte di ruang ganti. Yang ada Simone Inzaghi. Kemudian, No.9 tidak lagi kosong, melainkan sudah menjadi milik Edin Dzeko sejak musim lalu.

Karena itu, Presiden Inter Milan, Steven Zhang, mengambil jalan tengah dengan memberi Romelu Lukaku No.90. "90 adalah senjata baru kami," tulis pengusaha asal China itu di media sosial.

Lalu, apa artinya? Mengapa Inter Milan tidak memberikan No.9 lagi? Ternyata, 90 bukan angka biasa. Dalam Bahasa Italia, 90 punya banyak arti. Salah satunya yang dipilih untuk nomor punggung Romelu Lukaku, yaitu "Pezzo di 90". Frasa itu mengacu pada "masalah besar". Bisa juga "kelas berat".

Dengan memberi No.90, Inter Milan tampaknya ingin memberi penegasan bahwa Romelu Lukaku bukan kaleng-kaleng. Romelu Lukaku adalah penyerang "kelas berat" yang akan menjadi "masalah besar" bagi lawan-lawan I Nerazzurri.

Uniknya, nomor punggung aneh di Inter Milan bukan yang pertama terjadi pada Romelu Lukaku. Di masa lalu, sepakbola pernah melihat Ivan Zamorano menggunakan jersey 1+8. Jika dijumlahkan menjadi 9.

Saat itu, Ivan Zamorano secara sukarela memberikan No.9 miliknya kepada Ronaldo Luis Nazario de Lima. Sebagai gantinya, pemain asal Chile itu memodifikasi No.18 menjadi 1+8. Hasilnya, mantan penyerang Real Madrid tampil sama bagusnya dengan No.9.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network