Hasil TC Timnas U-23: Menang Lawan Universitas, Kalah Dari Klub K League

"Apakah ini berarti level Garuda Muda hanya tim kampus?"

Analisis | 27 April 2022, 19:05
Hasil TC Timnas U-23: Menang Lawan Universitas, Kalah Dari Klub K League

Libero.id - Shin Tae-yong punya tugas berat menatap SEA Games 2021. Pasalnya, dari tiga laga uji coba di Korea Selatan, tim nasional Indonesia U-23 kalah dua kali. Setelah menyerah 0-2 dari Pohang Steelers, Garuda Muda dipermalukan 10 pemain Daejeon Hana Citizen 2-3. Dua-dua merupakan klub profesional di K League.

Pada pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, Indonesia akan tergabung bersama tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste di Grup A. Berdasarkan hasil undian, Indonesia akan menggelar pertandingan perdana pada 6 Mei 2022 melawan Vietnam.

Tentu saja, itu bukan pekerjaan mudah. Selain status Vietnam, hasil pertandingan pemanasan yang dijalani Indonesia di Negeri Ginseng kurang memenuhi harapan penggemar.

Bayangkan, kemenangan hanya bisa dihasilkan menghadapi tim dari universitas, yaitu Andong Science College (4-2). Lalu, ketika melawan klub K League 1 dan K League 2, hasilnya kurang memuaskan. Bahkan, pada laga paling baru menghadapi Daejeon, Indonesia menyerah melawan 10 pemain.

Dengan hasil uji coba tersebut, pekerjaan Shin Tae-yong sangat berat untuk membuat Timnas U-23 meraih medali emas SEA Games. Dia harus segera menemukan formula terbaik dalam waktu satu pekan.

"Kami tetap mengapresiasi perjuangan pemain yang sudah menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Korea Selatan selama dua pekan ini. Saya harap pemain terus fokus, disiplin, dan terus berjuang keras. Apalagi di SEA Games nanti PSSI menargetkan meraih emas," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di situs resmi PSSI.

Selanjutnya, timnas U-23 akan kembali ke Indonesia pada Jumat (29/4/2022). Setelah merayakan Lebaran di Jakarta, mereka akan bertolak ke Vietnam pada 3 Mei 2022.

"Setelah uji coba ini pelatih tentu sudah mempunyai pilihan 20 pemain yang akan dibawa ke Vietnam. Yang jelas, pemain yang terpilih merupakan pilihan pelatih dan PSSI siap mendukung penuh," tambah Iwan Bule.

Selama menjalani TC di Korea Selatan, Shin Tae-yong menampilkan hampir semua pemain yang dibawa. Nama-nama seperti Ronaldo Kwateh, Irfan Jauhari, hingga Muhammad Ridwan diberi kesempatan unjuk ketajaman di depan. Semua pemain senior, termasuk Marc Klok juga diberi jam terbang. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network